Tren Digital Marketing 2019 Ini Wajib Anda Catat dan Ketahui!

Digital marketing merupakan bagian dari perluasan dan perkembangan teknologi. Maka dari itu, sama seperti teknologi, digital marketing akan selalu berkembang dan mengalami kemajuan tanpa adanya kemunduran. Inilah yang menyebabkan tren dari pemasaran digital selalu berubah dan berkembang lebih canggih setiap tahunnya. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, tren digital marketing 2019 juga perlu disoroti dan diketahui oleh para pengusaha maupun marketers.

Sebab, platform digital kini telah mengambil alih kehidupan menjadi salah satu platform penting yang paling dibutuhkan. Sehingga wajar jika persaingan di dunia digital sangatlah ketat, tidak terkecuali digital marketing. Oleh sebab itu, agar bisa bertahan Anda perlu beradaptasi dengan mengikuti tren digital marketing yang kemungkinan besar akan terus berubah setiap tahunnya. Jadi, mari cari tahu apa saja tren digital marketing 2019 untuk mempertahankan bisnis Anda di era teknologi ini.

Memiliki Fokus pada Beberapa Topik Relevan dengan Memanfaatkan SEO

Penggunaan SEO sepertinya akan semakin berkembang dan meningkat menjadi lebih canggih lagi pada 2019 ini. SEO dapat dimanfaatkan untuk menelaah konten-konten dan topik yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis di ranah digital. Rata-rata calon konsumen memanfaat mesin pencarian untuk melakukan riset terhadap sebuah produk, dan SEO berperan besar dalam memberikan informasi yang mereka butuhkan.

Jadi, cobalah untuk meningkatkan pemasaran bisnis Anda dengan memanfaatkan fitur SEO pada 2019 ini. Semakin baik nilai SEO website dan bisnis Anda, maka akan semakin mudah calon konsumen menemukan Anda.

Gunakan Google Ads untuk Menonjolkan Bisnis

Jika SEO dilakukan dengan menggunakan media konten agar website bisnis Anda dapat muncul di halaman pencarian pertama, Google ads tidak memerlukan konten. Anda dapat dengan mudah muncul di halaman pertama pencarian dengan memanfaatkan Google ads.

Google ads akan dengan mudah memunculkan website dan nama bisnis Anda di halaman pertama pencarian dengan target kata kunci yang telah ditentukan. Kemungkinan website bisnis Anda untuk muncul di halaman pertama mesin pencarian juga lebih besar dengan menggunakan Google ads.

Video Ads si Primadona Pengumpul Traffic Ramai

Pemasaran melalui video menjadi salah satu tren digital marketing 2019 yang akan banyak digandrungi dan dapat digunakan oleh beragam jenis bisnis. Pemasaran dengan menggunakan video ads, atau iklan video diketahui mampu meningkatkan konversi dari pemasaran sebuah bisnis. Biasanya, melalui video ads, calon konsumen akan merasa lebih yakin untuk memutuskan melakukan pembelian online. Bahkan, menurut penelitian, tahun 2019 akan dikuasai oleh video ads dengan jumlah 80 persen traffic aktif di internet.

Selain itu, dengan adanya media platform seperti Youtube, pemasaran digital melalui video ads juga lebih mudah untuk mendapatkan perhatian dan popularitas. Ide video yang dapat diterapkan sebagian besar bisnis dapat berupa video wawancara, demo produk, promo atau diskon menarik, dan lain-lainnya.

Meski Youtube saat ini menjadi platform video utama, namun video ads juga memungkinkan untuk ditayangkan di platform lain. Media sosial seperti Facebook dan Instagram memungkinkan Anda untuk juga membuat iklan video bahkan dalam bentuk siaran langsung atau live.

Beriklan Menggunakan Media Sosial Seefektif Mungkin

Fakta membuktikan bahwa seseorang dapat menghabiskan waktu menggunakan internet sekitar 2,5 hingga 3 jam dalam sehari, dan sebagian besar dari waktu tersebut digunakan untuk mengakses media sosial. Oleh karena itu, era digital saat ini akan membuat orang-orang lebih sering melihat iklan dari internet, terutama media sosial.

Terdapat dua cara dalam mengiklankan produk di media sosial, yaitu dengan menggunakan fitur social media ads atau dengan memanfaatkan jasa influencer marketing. Terdapat perbedaan besar di antara kedua hal ini meskipun platform yang digunakan sama-sama media sosial.

Social media ads merupakan cara yang mampu membuat akun bisnis Anda muncul di banyak akun yang Anda targetkan. Cara ini akan efektif jika Anda mampu membuat konten yang menarik, unik, dan beda dari kompetitor sejenis. Anda juga harus mampu menyesuaikan konten yang akan dipromosikan dengan target audiens. Jangan lupa juga untuk membuat konten yang segar, sesuai tren, dan relevan dengan bisnis Anda.

Lain lagi dengan influencer marketing, cara ini memanfaatkan metode mengiklankan bisnis melalui media sosial dengan bantuan influencer atau orang yang terkenal seperti selebgram, artis, selebtweet, vlogger, atau blogger yang memiliki banyak pengikut.

Pemasaran melalui influencer marketing ini mengandalkan kekuatan viral dan pemasaran dari mulut ke mulut. Umumnya, pemasaran media sosial dengan cara ini digunakan untuk mendorong pesan dari bisnis Anda ke pasar yang lebih besar.

Manfaatkan Teknologi Virtual Reality

Virtual reality adalah salah satu terobosan baru dalam dunia teknologi. Dengan fitur satu ini, sebuah tempat dapat terlihat dengan jelas bentuknya karena difoto dengan menggunakan tampilan gambar 360º. Virtual reality dapat memberikan simulasi suasana sebuah tempat tanpa perlu datang langsung. Tergolong sebagai terobosan terbaru dalam dunia teknologi, virtual reality dipastikan akan segera menjadi tren dalam memasarkan bisnis.

Anda dapat memanfaatkan teknologi satu ini dalam memasarkan bisnis. Apabila bisnis Anda memiliki kantor fisik, Anda dapat memakai fitur ini untuk meningkatkan rasa kepercayaan dari calon konsumen. Biasanya, calon konsumen akan lebih yakin pada sebuah bisnis jika terlihat transparan dan terpercaya.

Tidak hanya itu, fitur virtual reality juga dapat digunakan sebagai cara virtual tour jika Anda memiliki jenis bisnis yang melibatkan tempat fisik seperti restoran, hotel, rumah sakit, taman hiburan, dan lain-lain. Dengan menggunakan virtual tour, calon konsumen dapat semakin yakin akan mengunjungi lokasi bisnis Anda.

Jadi, sudah tahu, kan apa saja yang dapat dilakukan untuk beradaptasi dengan tren digital marketing 2019 agar tidak ketinggalan zaman? Ingat, inovasi dalam dunia digital marketing merupakan sebuah hal penting sebab jika Anda hanya melakukan teknik pemasaran yang sama dalam bertahun-tahun, tren yang berkembang pesat ini dapat meninggalkan dan menjatuhkan bisnis Anda. Maka dari itu, mari segera terapkan tren digital marketing 2019 sekarang sebelum terlambat, yuk! Jika butuh bantuan dalam menerapkan kelima poin tadi coba hubungi Tomato Digital Indonesia, agensi digital marketing terbaik di Indonesia yang dapat memastikan pemasaran bisnis Anda selalu inovatif dan terdepan.