Tips Pemasaran Digital untuk Bisnis Kecil yang Sedang Tumbuh

Dalam masa awal merintis bisnis kecil, mungkin banyak tantangan dan rintangan yang menghadapi. Terkadang, karena kurangnya pengalaman, strategi dalam mengembangkan bisnis kecil dilakukan hanya berdasarkan trial and error yang justru berisiko bagi bisnis. Daripada melakukan hal berisiko untuk bisnis, lebih baik Anda menyimak tips pemasaran digital untuk bisnis kecil di bawah ini.

Memang, melakukan strategi pengembangan pada bisnis kecil terkadang sulit. Apalagi jika bisnis Anda memiliki sumber daya dan anggaran yang terbatas. Namun, tips berikut dijamin dapat membantu dan meringankan usaha pemasaran digital Anda. Jadi, mari simak artikel di bawah ini, ya!

  1. Buat Website Resmi Bisnis Anda dan Rutinlah Mengisinya dengan Konten

Website resmi sangat penting bagi perusahaan dalam skala apapun. Apalagi saat ini membuat website resmi yang profesional tidak lagi sulit atau eksklusif. Siapapun dapat membuatnya jika memang berniat.

Dalam mengembangkan website, Anda dapat mendesain atmosfirnya menjadi unik dan memiliki ciri khas tersendiri. Hal ini baik untuk pembentukan citra bisnis Anda.

Selain itu, website merupakan salah satu media publikasi yang sangat efektif dan inovatif. Bahkan, menurut ahli, salah satu strategi pemasaran terbaik untuk bisnis dengan modal kecil adalah dengan aktif blogging. Konten blog yang relevan dengan bisnis Anda sangat bagus untuk menambah kredibilitas bisnis.

Tidak hanya itu saja, dengan rutin membuat konten blog di website, hal ini akan membawa dampak baik pada nilai SEO website Anda dan dapat membantu website untuk lebih mudah ditemukan karena berpeluang muncul di halaman pertama pencarian Google.

  1. Manfaatkan Media Sosial Sebaik dan Seefektif Mungkin

Jika bisnis kecil Anda belum memiliki media sosial, segeralah buat sekarang juga. Terdapat banyak sekali media sosial saat ini yang dapat diaktifkan dan membantu memperluas jangkauan pemasaran Anda. Mulai dari Facebook, LinkedIn, Twitter, Instagram, hingga Google+.

Namun, ingatlah untuk rutin membuat dan membagikan konten Anda di media-media sosial tersebut untuk semakin meningkatkan popularitas dan memperluas jangkauan bisnis Anda. Jangan lupa juga untuk melakukan interaksi dua arah dengan calon customer Anda di media sosial dengan aktif memberikan suka atau komentar.

Media sosial memiliki kunci sering, rutin, dan konsisten untuk dapat membantu Anda mengembangkan bisnis. Namun selalu ingatlah untuk menampilkan kiriman yang memang relevan dengan bisnis Anda. Jadi, memasukkan media sosial sebagai salah satu strategi dalam tips pemasaran digital untuk bisnis kecil dapat dikatakan cukup penting, lho!

  1. Pasang Social Media Ads

Masih berkaitan dengan poin kedua, poin ketiga lebih menekankan Anda untuk memasang social media ads. Ads yang akan muncul di media sosial ini dapat memberikan dampak baik bagi bisnis dan juga akun media sosial Anda.

Social media ads dapat menayangkan kiriman Anda ke jaringan yang lebih luas yang bahkan tidak mengikuti akun Anda. Selain itu, Anda juga dapat memberikan fokus target calon pelanggan yang ingin dituju. Misalnya dari segi usia, gender, atau ketertarikan.

Social media ads yang kini banyak digandrungi pelaku bisnis adalah Facebook ads dan juga Instagram ads. Namun tidak hanya itu saja, LinkedIn dan Twitter juga memiliki layanan ads-nya sendiri berupa Twitter ads dan LinkedIn ads.

  1. Gunakan Jasa SEM untuk Mengiklankan Bisnis

SEM atau Search Engine Marketing memiliki iklan PPC (Pay Per Click) sebagai salah satu metode unggulannya. Iklan PPC yang umum dan banyak digunakan adalah jasa iklan Google Adwords. Mengiklankan bisnis menggunakan PPC merupakan salah satu tips pemasaran digital untuk bisnis kecil yang juga patut dicoba.

Iklan semacam ini dapat membantu bisnis kecil menyesuaikan targetnya dengan bisnis yang spesifik dan bahkan dapat menargetkan calon pelanggan berdasarkan lokasi.

Itu dia keempat tips pemasaran digital untuk bisnis kecil yang dapat dicoba untuk membesarkan bisnis Anda. Namun, kendala lainnya yang dihadapi bisnis kecil biasanya juga berupa kurangnya SDM untuk menangani keempat hal di atas. Nah, jika Anda kesulitan dan kerepotan mengurus keempat hal di atas sendirian, Tomato Digital hadir memberikan solusinya.

Tomato Digital adalah agensi digital marketing yang dapat membantu Anda mewujudkan strategi pemasaran digital yang efektif dan ampuh meningkatkan profit bisnis. Mulai dari jasa pembuatan website, pengembangan website dengan SEO, iklan PPC berupa jasa iklan google ads, hingga jasa iklan social media ads.

Mari segera rasakan pengalaman menambah profit dan penjualan berkat pemasaran digital hanya dengan ongkang-ongkang kaki di rumah!