Tips Meningkatkan User Engagement pada Website

Traffic tinggi pada website memang kadang kala bagus dan dapat dibanggakan. Namun tingginya traffic website tidak ada artinya jika tidak ada user engagement yang masuk. Mungkin Anda perlu belajar tips meningkatkan user engagement pada website agar bisnis mengalami peningkatan penjualan dan pendapatan.

User engagement dapat berupa berbagai macam hal. Mulai dari berlangganan atau tidaknya pengguna di blog dan newsletter Anda, atau ada tidaknya pembelian atau pemesanan produk maupun layanan bisnis Anda. Jika jawabannya adalah tidak, berarti user engagement yang Anda miliki belum maksimal.

Jadi, ingin tahu bagaimana tips meningkatkan user engagement pada website Anda agar bekerja secara maksimal? Mari simak selengkapnya di artikel berikut!

Buat Konten yang Berguna dan Mampu Menarik Engagement

Memiliki dan mengelola blog pada website merupakan cara terbaik untuk menciptakan user engagement. Bahkan, menurut sebuah riset, bisnis kecil yang memiliki dan memanfaatkan blog jauh lebih terdepan dari bisnis-bisnis kecil yang tidak melakukannya.

Mungkin Anda bingung harus membuat apa agar dikategorikan konten yang berguna. Jadi, artikel-artikel seperti konten tutorial biasanya lebih sering dibaca dan dicari oleh pengguna. Memperbanyak artikel seperti itu juga dapat menciptakan citra terpercaya dari calon customer untuk bisnis Anda.

Lalu, untuk kemampuan menarik engagement, konten yang Anda buat juga perlu memiliki gambar yang menarik. Cobalah buat gambar artikel yang unik, memiliki ciri khas, dan berwarna terang. Biasanya gambar artikel seperti itu juga mampu menarik calon customer untuk mengklik dan membaca artikel Anda. Bahkan, jika gambar yang Anda buat sangat unik, bukan tidak mungkin yang melihat akan melakukan share ke media sosialnya masing-masing.

Kumpulkan Alamat Email Customer dengan Form di Website

Traffic tidak akan membantu ataupun berguna jika pengunjung website Anda hanya datang sekali dan tidak pernah kembali. Oleh karena itu, penting untuk merekam jejak alamat email mereka agar Anda mampu menjaga hubungan dan kembali menghubungi mereka sewaktu-waktu.

Cara paling mudah melakukannya dengan website Anda adalah dengan menampilkan kolom popup yang mampu menarik perhatian pengunjung. Anda dapat memberikan iming-iming hadiah berupa voucher potongan harga, penawaran free trial, atau ebook gratis yang akan dikirimkan via email apabila customer mengisi form popup tersebut.

Berikan Saran Konten Lain yang Terkait

Saran konten lain yang terkait dapat dimasukkan menjadi internal links di dalam artikel blog Anda. Cara ini sangat ampuh untuk membuat pengguna semakin terlibat di dalam website Anda. Sebab, cara ini diketahui berguna untuk meningkatkan waktu kunjungan user pada website Anda dan juga meningkatkan jumlah pageviews.

Cara ini juga dapat membantu Anda mengetahui seberapa menarik konten-konten yang Anda tawarkan sehingga user berkeinginan untuk bertahan lebih lama dan membaca konten-konten terkait lainnya.

Buatlah Sebuah Kuis atau Polling

Tips meningkatkan user engagement satu ini berguna dalam mengetahui dan memahami apa keinginan customer potensial bisnis Anda. Sebuah kuis atau polling yang dengan mudah dan dapat dengan cepat diisi pasti akan mampu lebih meningkatkan user engagement.

Pastikan kuis atau polling yang Anda buat mampu menciptakan insight tentang apa yang customer mau, dan ulasan mengenai bagaimana bisnis Anda berjalan. Cara ini baik untuk menurunkan bounce rate yang mungkin website Anda alami. Apalagi jika kuis yang Anda buat melibatkan pemberian hadiah dan menanyakan email di awal. Anda dapat bonus berlipat jika menggunakan cara ini.

Buatlah Analisis Data dari Usaha-usaha yang Telah Dilakukan

Anda bisa saja mencoba semua cara-cara di atas, tetapi semua cara tersebut tidak akan ada gunanya apabila Anda tidak mencari tahu mana yang berhasil dan mana yang tidak. Karena itulah penting sekali untuk menganalisis data untuk mengetahui tips mana yang bekerja dengan baik pada website Anda.

Anda dapat mencoba memeriksanya dengan Google Analytics untuk mengecek konversi pada website. Anda juga dapat mencari tahu campaign mana yang performanya bagus, sehingga dapat menciptakan campaign serupa selanjutnya.

Baca Juga: Pentingnya Strategi Pemasaran Digital untuk Kelangsungan Bisnis

Jadi, itu dia semua tips meningkatkan user engagement yang dapat Anda terapkan pada website agar terjadi peningkatan penjualan dan pendapatan bisnis. Jadi, setelah mengetahuinya, kini tidak sulit lagi, kan, mengubah pengunjung website menjadi customer potensial?