Tips Memaksimalkan Instagram agar Followers Berdatangan

Instagram adalah salah satu platform media sosial yang paling terkenal saat ini. Setelah beroperasi selama hampir 9 tahun sejak 2010, instagram kini mampu mengumpulkan pengguna hingga berjumlah 600 juta. Dengan banyaknya penggunanya, perlu digunakan tips memaksimalkan instagram agar akun yang Anda miliki dapat membantu bisnis secara maksimal.

Yang fantastis dari instagram bukan hanya jumlah penggunanya, melainkan jumlah pengguna aktif yang setiap harinya membuka instagram. Diketahui ada 300 juta akun yang setiap harinya mengakses platform instagram. Jumlah pengguna sebanyak ini dapat dimanfaatkan sebagai alat pemasaran yang sangat efektif bagi berbagai macam bisnis.

Jadi, mari simak tips memaksimalkan instagram Anda agar menjadi akun bisnis dengan followers yang banyak, yuk!

Ubah Akun Biasa Menjadi Akun Bisnis

Ketika berencana untuk membuat akun instagram bagi bisnis Anda, pastikanlah akun yang Anda buat muncul sebagai profil akun instagram bisnis. Sebab, ada beberapa keuntungan yang hanya bisa didapatkan dari akun instagram bisnis dan tidak ada di profil akun instagram biasa.

Di akun biasa, Anda tidak dapat merasakan fitur insight, promotions, dan tombol call to action. Dengan fitur insight, pengguna dapat melacak perkembangan akun seperti pertumbuhan followers, demografis unggahan, dan data analisis lainnya yang dapat membantu Anda untuk merencanakan unggahan yang lebih baik dan menarik. Fitur-fitur ini juga dapat membantu Anda dalam membuat laporan perkembangan pemasaran bisnis di Instagram.

Ubah dan Perbaiki Profil Anda

Yang paling harus diperhatikan dari profil adalah nama bisnis Anda. Usahakan untuk membuat nama profil yang dapat merefleksikan bisnis Anda. Lalu, jika sudah menemukan yang sesuai, pastikan username tersebut dapat digunakan juga di platform lain seperti Facebook, Twitter, dan lain-lain. Hal ini dapat membantu membuat trademark brand Anda sendiri sehingga lebih mudah ditemukan calon konsumen.

Selanjutnya, pastikan foto profil akun merupakan logo dari bisnis Anda. Logo memainkan peran penting dalam membuat merek Anda menarik dan terlihat terpercaya. Logo ini juga dapat membantu calon konsumen agar lebih mudah menemukan profil instagram Anda.

Jangan lupakan juga bio profil Anda. Pastikan untuk membuat bio profil yang mudah diingat, menarik, dan cocok dengan bisnis Anda. Jika ingin menjelaskan beberapa hal sekaligus, jangan buat hal tersebut menjadi paragraf melainkan buatlah sebagai poin-poin. Sisipkan juga alamat website Anda pada kolom bio ini.

Kirim dan Bagikan Foto Secara Rutin

Bagikan foto dengan kualitas baik secara rutin di instagram Anda agar lebih terhubung dengan audiens di instagram. Jika bisa desain, sebaiknya buatlah kiriman foto Anda estetik dan enak dipandang. Keindahan bentuk feeds instagram bisnis Anda dapat membantu untuk meningkatkan jumlah followers yang tertarik dengan bisnis Anda. Namun, kiriman instagram yang menarik bukan hanya berdasarkan estetika fotonya saja, caption di foto juga perlu diperhatikan. Pastikan caption foto menarik, dengan bahasa yang sesuai dan mampu menjelaskan isi foto dengan sebaik mungkin.

Tetapi, jangan hanya mengirimkannya saja, Anda juga perlu membagikan kiriman foto tersebut ke platform lain seperti Facebook, Twitter, dan lain-lain agar semakin meningkatkan engagement akun Anda. Tidak hanya media sosial, Anda juga dapat menyalin link kiriman foto di instagram dan mengirimkannya ke grup chat ataupun personal chat.

Gunakan Hashtag yang Sesuai agar Lebih Mudah Ditemukan

Hashtag merupakan salah satu hal yang dapat membantu konten instagram Anda mudah ditemukan oleh lebih banyak orang. Jadi, gunakanlah hashtag yang sesuai dengan konten dan jenis bisnis Anda agar semakin menarik perhatian calon konsumen.

Idealnya, dalam satu konten gambar instagram bisnis Anda perlu memasukkan sekitar 30 hashtag. Namun, jangan asal memilih hashtag, pastikan hashtag ini relevan dengan konten gambar dan caption yang Anda buat. Usahakan juga untuk selalu konsisten dalam penggunaan hashtag agar dapat lebih mengena ke target pasar bisnis Anda.

Buat Engagement dan Promosikan Akun untuk Menjangkau Followers

Dalam mempopulerkan akun dan menjangkau lebih banyak followers, terdapat dua cara yang bisa dilakukan. Cara pertama adalah dengan memperbanyak engagement melalui menyukai dan mengomentari konten instagram akun lain. Tetapi, dampak paling besar yang dapat menguatkan engagement akun Anda adalah dengan berkomentar. Cara ini memang tidak memakan biaya, tetapi akan menguras waktu dan pikiran karena membutuhkan strategi.

Ada lagi cara kedua yang juga cukup efektif, yaitu dengan mempromosikan akun Anda. Instagram memiliki fitur promosi jika Anda telah beralih ke akun bisnis. Promosi ini dapat Anda atur sendiri mengenai lokasi, demografi, gender, hingga usia audiens untuk lebih menyesuaikan target bisnis Anda. Cara kedua ini memang lebih efektif dari cara pertama, namun cara ini memerlukan biaya tambahan yang akan diminta Instagram saat Anda mengklik tombol promosi.

Namun, jika mempromosikan akun instagram sendiri dirasa terlalu rumit, ada kok, jasa pasang iklan akun instagram. Biasanya, agensi advertising menyediakan jasa tersebut. Jadi, hanya tinggal membayar dan tanpa repot melakukan apapun, akun Anda sudah diiklankan dan Anda tinggal menunggu laporan data engagement yang didapatkan. Mudah sekali, bukan?

Nah, itu dia kelima tips memaksimalkan instagram yang dapat Anda ikuti. Niscaya, jika mengikuti tips memaksimalkan instagram di atas, akun Anda akan mampu memuncaki popularitasnya dalam beberapa waktu. Jadi, tunggu apa lagi? Segera maksimalkan akun instagram Anda sekarang dan puncaki popularitas produk!

Call Now Button