Strategi Marketing Millennial, Trik Menggaet Generasi Kekinian

Bukan rahasia lagi jika generasi millennial saat ini merupakan target pemasaran yang sangat bagus. Hal utama adalah karena jumlah millennial yang sangat banyak karena rentang tahun kelahiran generasi ini adalah 1980 sampai kelahiran 2000. Dengan banyaknya jumlah generasi ini, strategi marketing millennial diperlukan untuk meningkatkan popularitas produk Anda.

Saat ini, millennial bisa disebut sebagai generasi pemegang peranan penting pada beragam sektor. Sebab, usia kelahiran millennial memang saat ini hampir semuanya telah mencapai usia dewasa. Bahkan, jumlah generasi millennial saat ini diketahui telah melampaui generasi pendahulunya. Wajar jika millennial menjadi salah satu generasi dengan jumlah konsumen terbesar.

Sayangnya, millennial diketahui sebagai generasi pemilih yang agak sulit untuk didekati. Bukan rahasia lagi jika banyak perusahaan yang mengeluhkan sulitnya menarik perhatian generasi satu ini, karena mereka umumnya selalu mencari yang terbesar dan terbaik. Padahal, yang perusahaan perlukan hanyalah strategi marketing millennial agar generasi kekinian ini dapat terjaring dengan baik.

Sebenarnya, pemasaran di setiap generasi memiliki karakteristik dan tantangannya sendiri, hanya saja generasi millennial membutuhkan strategi yang agak berbeda akibat paparan teknologi yang berkembang pesat pada masa mereka. Pesatnya bertumbuhan hal-hal baru seperti belanja online, media sosial, dan internet berhasil menjadikan generasi ini menjadi pemilih akibat banyaknya pilihan yang bisa mereka dapatkan.

Namun, tidak perlu risau, jika berhasil mengambil rasa ketertarikan generasi satu ini, bisnis Anda akan lebih mudah untuk populer berkat kebiasaan millennial yang gemar menjadikan sesuatu yang menarik perhatiannya menjadi viral. Ingin tahu apa saja strategi marketing millennial yang dapat Anda lakukan untuk menggaet generasi kekinian satu ini? Simak selengkapnya di artikel ini, ya!

Buat Bisnis Anda Mobile-friendly

Millennial merupakan generasi yang tidak dapat lepas dari smartphone. Jadi, pastikan salah satu strategi marketing millennial yang akan Anda terapkan adalah membuat bisnis Anda mudah diakses melalui ponsel. Pastikan untuk memiliki website atau platform yang mobile-friendly, atau dalam kata lain dapat diakses dengan cepat tanpa loading yang lama di ponsel.

Ketika ingin memasarkan produk melalui ads, pastikan landing page yang akan Anda gunakan dapat berfungsi dengan baik pada ponsel. Sehingga trik pemasaran Anda terhadap generasi millennial dapat tersalurkan dengan efektif. Misalnya ketika memasang iklan Youtube ads, pastikan bahwa landing page yang Anda buat dapat dengan mudah diakses melalui ponsel.

Ciptakan Banyak Interaksi dengan Calon Konsumen

Masa-masa sebelum kehadiran internet mungkin agak sulit untuk membangun interaksi dengan calon konsumen. Namun, kehadiran internet pada masa millennial ini dapat dengan mudah membuat bisnis Anda terhubung dengan mereka. Anda dapat memanfaatkan surel, private message atau kolom komentar pada media sosial.

Apalagi, hampir semua bisnis memiliki media sosial sejak 2016, hanya saja tidak semuanya melakukan strategi yang benar untuk terhubung dengan pasar millennial. Sebab, hanya memiliki media sosial saja tanpa menciptakan engagement tidak akan mampu meningkatkan komunikasi bisnis dengan audiens Anda dengan efektif.

Jadi, dengan lebih banyak terhubung melalui media sosial mampu meningkatkan rasa percaya generasi millennial terhadap Anda. Sebuah bisnis yang mampu responsif menerima segala keluhan maupun masukan generasi ini akan menciptakan citra terpercaya yang baik. Tentunya Anda tahu betapa pentingnya membangun citra terpercaya ini bagi sebuah bisnis. Ketika para generasi millennial telah percaya pada bisnis Anda, menggapai sukses bukan lagi hal yang jauh dari pandangan mata.

Jadilah Pelopor dan Buat Pemasaran yang Original

Millennial akan mengedepankan rasa kepercayaan ketika memilih suatu produk. Oleh karena itu, jangan hancurkan rasa kepercayaan itu dengan teknik pemasaran yang tidak original. Buatlah pemasaran yang unik dan original. Sebab nyatanya, millennial merupakan generasi yang mengedepankan keunikan dan originalitas dibanding untaian frasa klise.

Jadi, itu dia beberapa strategi marketing millennial yang dapat diterapkan pada bisnis Anda untuk menggaet generasi kekinian satu ini. Memasarkan produk pada millennial memang agak sulit, sebab hal ini membutuhkan intuisi dan pemikiran yang sesuai. Namun, dengan menjadi otentik, menjaga komunikasi dengan mereka, dan menciptakan bisnis yang mudah diakses informasinya akan membuat bisnis Anda cenderung cepat maju.

Semoga berhasil, ya!

Call Now Button