Pilih SEO atau SEM, Mana yang Lebih Unggul dan Efektif?

Pilih SEO atau SEM, ya? Terkadang membingungkan ketika harus memilih cara mana yang lebih baik dalam meningkatkan popularitas website Anda. Apalagi bagi orang awam yang belum pernah berkecimpung di dunia digital marketing, kedua hal ini mungkin terdengar sama. Padahal sebenarnya banyak sekali perbedaan mendasar di antara keduanya.

Nah, agar tidak salah paham terhadap kedua hal ini, mari cari tahu perbedaan SEO dan SEM, yuk! Jika sudah tahu perbedaan keduanya, Anda jadi dapat memutuskan harus pilih SEO atau SEM yang lebih baik untuk mengembangkan website. Ayo segera putuskan setelah membaca penjelasannya di bawah ini!

Apa itu SEM? Bagaimana Mekanismenya?

SEM adalah singkatan dari Search Engine Marketing dan merupakan sebuah strategi untuk mempromosikan website dengan meningkatkan visibility-nya di mesin pencarian melalui metode periklanan yang dioptimasi.

Sama seperti memasang iklan konvensional, memasang iklan menggunakan SEM juga membutuhkan biaya pasang. Biasanya ada pay per click (PPC) jika memasang iklan di mesin pencarian. Nantinya, iklan website Anda akan muncul berupa banner atau iklan baris di halaman mesin pencarian.

SEM yang merupakan layanan berbayar ini dapat dilakukan dengan mengontrol budget Anda sendiri. Anda juga dapat melihat ke mana dan bagaimana budget digunakan. Biasanya, untuk SEM Anda dapat menentukan target audiens yang lebih dengan menentukan jam tayang, lokasi audiens, dan perangkat yang audiens gunakan.

Apa Itu SEO? Bagaimana Cara Kerjanya?

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang merupakan sebuah teknik yang digunakan untuk membuat website menempati posisi pertama pada SERP (Search Engine Result Page) dengan menggunakan kata kunci sebagai fokus di dalam website.

Komponen utama dari SEO ada dua jenis, yaitu On-page Optimization dan Off-page Optimization. Untuk jenis on-page SEO, semua pengaturan yang dilakukan oleh Anda sendiri langsung diaplikasikan pada situs atau blog agar lebih mudah muncul di mesin pencari. Biasanya jenis satu ini menggunakan kata kunci pilihan yang dimasukkan ke dalam tag dan meta description website. On-page SEO juga lebih melibatkan SEO score pada website berupa tampilan URL yang baik, penggunaan heading, optimasi gambar, kecepatan loading website, dan lain-lain.

Lain lagi dengan off-page SEO yang lebih mengarah pada teknik promosi website yang dilakukan di luar website sendiri. Cara satu ini dilakukan guna meningkatkan reputasi situs Anda di mesin pencarian. Dengan menggunakan cara ini Anda akan butuh membuat banyak backlink yang berkualitas dan natural dari beragam website lain. Biasanya semakin banyak backlink dari website lain menuju website Anda akan meningkatkan peringkat website di laman mesin pencarian.

Jadi, Sebaiknya Pilih SEO atau SEM untuk Website?

Ternyata, setelah semua penjelasan di atas, SEO dan SEM memiliki keunggulan dan kegunaannya masing-masing. Jadi, untuk memutuskan harus pilih SEO atau SEM, semua kembali lagi pada kebutuhan website Anda.

SEM memang memiliki keunggulan dalam menaikkan traffic website Anda dengan instan, sedangkan SEO memerlukan waktu dan usaha sampai peringkat website Anda bisa naik lebih tinggi.

Untuk website yang baru diluncurkan, menggunakan strategi SEM mungkin akan lebih efektif dan cepat menghasilkan traffic tinggi dibandingkan dengan menggunakan strategi SEO. Namun, untuk mempertahankan kredibilitas website Anda secara jangka panjang, teknik SEO akan lebih bermanfaat dan membantu.

Jadi, sesuaikan penggunaan strategi digital marketing satu ini dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Jika Anda mampu melakukan keduanya secara bersamaan tentunya akan lebih baik dan peningkatan traffic website akan lebih signifikan. Namun, jika merasa menjalankan dua strategi secara bersamaan cukup menyulitkan Anda, cobalah cari bantuan agensi digital marketing.

Agensi digital terpercaya yang dapat membantu Anda menjalani kedua strategi SEO dan SEM secara bersamaan adalah Tomato Digital Indonesia. Rasakan pengalaman menjadi populer hanya dengan duduk manis tanpa melakukan apa-apa dengan bantuan jasa SEM dan jasa SEO terbaik Jakarta ini. Jadi tunggu apalagi? Segera tingkatkan popularitas website Anda bersama kami!

Call Now Button