Perkembangan Internet di Indonesia yang Mencengangkan Dunia

Antusiasme orang Indonesia dalam dunia teknologi digital patut diacungi jempol. Dibandingkan dengan negara-negara lain di seluruh dunia, Indonesia memiliki pengguna internet aktif terbanyak yang terus bertumbuh setiap tahunnya. Tentunya, perkembangan internet di Indonesia dapat ikut membantu mengembangkan berbagai sektor bisnis lain yang ada di Indonesia untuk berkembang menjadi lebih besar.

Internet pada masyarakat Indonesia dan juga Asia Tenggara telah berubah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari mereka. Sebenarnya perkembangan internet di Indonesia cukup mencengangkan. Jumlah orang yang mengakses intenet yang tadinya hanya serendah 29 persen pada 2013 telah terus tumbuh hingga 56 persen pada 2017.

Bahkan, penggunaan internet harian yang tadinya hanya sebesar 49 persen pada 2013 berkembang menjadi 79 persen pada 2017. Bahkan jumlah perkembangan internet di Indonesia ini masih terus bertambah dan bertumbuh hingga sekarang.

Tentu sudah bukan rahasia lagi bahwa Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak ke-4 di dunia. Hal ini ternyata berdampak besar dalam jumlah pengguna internetnya juga ternyata.

Indonesia diketahui sebagai negara dengan pengguna paling aktif di dunia pada hampir semua sosial media populer seperti Facebook, Instagram, Line, Twitter, dan Youtube.

Tidak hanya itu saja, Indonesia juga diketahui sebagai lahan ekonomi digital terbesar dan tercepat di Asia Tenggara. Total nilai ekonomi digital yang ada di Indonesia hingga tahun 2018 telah berkembang hingga 27 triliyun USD.

Total keseluruhan di atas merupakan jumlah dari berbagai macam transaksi online dari hasil penjualan e-commerce, pelayanan antar-jemput online, distribusi media, dan pelayanan keuangan.

Bukan sebuah rahasia lagi jika Indonesia memiliki banyak sekali start-up dengan omset besar triliunan dollar yang semakin berkembang dari tahun ke tahunnya. Hal ini turut memberikan kontribusi pada perkembangan ekonomi digital di Indonesia.

Perkembangan internet di Indonesia yang juga mengembangkan laju ekonomi digital bahkan membuat pertumbuhan pesat tingkat konsumerisme seseorang. Hal ini didukung dengan data, bahwa antara tahun 2015 hingga 2018, konsumen belanja online telah meningkat hingga hitungan 49 persen.

Perkembangan internet dan perkembangan ekonomi digital di Indonesia menghasilkan beberapa keuntungan yang dapat diterima bagi masyarakat Indonesia. Misalnya saja beberapa hal berikut ini:

  • Menambah penghasilan negara. Keuntungan satu ini terjadi akibat pajak yang dibayarkan dalam sebuah produk yang dibelanjakan oleh konsumen online.
  • Menambah peluang lapangan kerja. Sektor e-commerce di Indonesia benar-benar memberikan dampak besar bagi tersedianya lapangan kerja yang ada. Saat ini, sekitar 4 juta posisi pekerjaan berasal dari perusahaan e-commerce. Bahkan menurut perkiraan pakar, pada tahun 2022 e-commerce yang ada di Indonesia dapat menyokong sekitar 26 juta posisi pekerjaan. Hal ini berarti dalam jangka waktu empat tahun ke depan, e-commerce di Indonesia akan berkembang sekitar 6x lebih besar dari yang ada sekarang.
  • Lingkungan sosial yang akan berkembang menjadi lebih setara. Beberapa daerah yang belum terjamah mall atau supermarket biasanya sulit mendapatkan sebuah barang, dan harga sebuah barang akan melonjak lebih mahal ketika ada di daerah tersebut. Dengan keberadaan e-commerce hal ini dapat teratasi dan harga sebuah barang dapat menjadi lebih murah.

Oleh karena itu, dengan perkembangan internet yang cukup pesat, pemasaran melalui internet juga dianggap lebih memberikan pengaruh yang signifikan dibanding dengan cara tradisional. Layanan-layanan berbasis internet dapat berkembang menjadi masif karena para perusahaan tersebut telah lebih dulu menerapkan pemasaran digital.

Jika Anda memiliki sebuah bisnis yang ingin dikembangkan, cobalah lirik internet sebagai media pemasaran Anda. Contoh pertumbuhan e-commerce adalah produk sukses dari besarnya pemasaran digital.

Jadi, mari manfaatkan perkembangan internet di Indonesia sebaik mungkin dengan memasarkan produk Anda secara online. Beberapa produk pemasaran seperti jasa iklan Google AdWords, Youtube Ads, hingga sosial media ads dapat menjadi pilihan Anda dalam melakukan pemasaran digital.