Perilaku Konsumen Indonesia Era Digital: Para Pencari Review

Berkembangnya era digital mengubah banyak sekali cara hidup masyarakat modern. Kebiasaan berbelanja di pasar kini telah tergantikan belanja online, sehingga perilaku konsumen Indonesia berubah dan membuat proses belanja semakin mudah.

Indonesia diketahui sebagai wilayah dengan pengguna digital terbanyak di Asia Tenggara, yaitu sekitar 100 juta orang. Hal ini membuat cara sebuah produk terhubung dengan konsumennya berubah. Jalur pemasaran digital dengan menggunakan internet terlihat lebih ampuh saat ini.

Apalagi, perilaku konsumen Indonesia diketahui terbiasa untuk mencari review sebuah brand sebelum membelinya secara online. Kolom pencarian Google menjadi senjata pintar bagi para konsumen untuk menentukan pilihan mereka.

Perilaku konsumen Indonesia terlihat sangat haus akan informasi instan dari sebuah produk atau layanan yang mereka butuhkan. Oleh karena itu, halaman pencarian Google merupakan tempat utama untuk mereka menuju sebelum berbelanja barang. Hal ini didukung oleh data bahwa sekitar 62 persen konsumen belanja online menggunakan search engine.

Ketahui Keinginan Konsumen Melalui Data pada Halaman Pencarian

Pada halaman pencarian mereka akan membandingkan brand, mencari informasi detail, hingga mencari harga dan promo terbaik yang dapat ditemukan. Namun perlu dicatat, sekitar 92 persen konsumen di Indonesia lebih memilih berbelanja sebuah produk yang pesan dalam pemasarannya relevan bagi hidup mereka.

Jadi, sebagai sebuah brand, yang perlu Anda tahu untuk mengungguli kompetitor adalah dengan mengerti maksud dari data pencarian para calon konsumen. Amatilah bagaimana perilaku online calon konsumen Anda dengan menelusuri kata kunci populer, apa yang mereka cari, kapan, dan momen seperti apa yang tepat.

Salah satu contohnya adalah kata kunci “promo” yang berkembang pesat hingga 2,5 kali selama beberapa tahun terakhir. Kata kunci “pengiriman cepat” dan “terdekat” juga salah satu yang semakin meningkat volume pencariannya dari tahun ini. Bukti-bukti ini menunjukkan bahwa perilaku konsumen Indonesia yang selalu menyaring barang belanjaan mereka dengan kualitas bagus, harga murah, namun aman dan cepat sampai.

Calon Konsumen Potensial Umumnya Aktif Menonton Youtube

Terdapat korelasi positif antara frekuensi dari menonton video online dan brand engagement. Sebab ternyata, video online seperti youtube memiliki pengaruh kuat pada kebiasaan belanja konsumen. Terutama adalah tentang bagaimana mereka menonton video tersebut karena ingin tahu dan karena ingin mencoba.

Hal ini dibuktikan dengan peningkatan kata kunci “review” hingga sebesar 2,5 kali di Youtube sepanjang tahun ini. Kata kunci review ini relevan untuk beberapa kategori brand yang bergerak di bidang kecantikan, pariwisata, dan teknologi digital.

Salah satu contohnya adalah data pencarian produk kecantikan. Diketahui 1 dari 2 pengguna internet melakukan pencarian yang berhubungan dengan makeup dan produk perawatan wajah dari sebuah brand spesifik.

Peningkatan jumlah kata kunci review ini bukan tidak mungkin jika melihat data bahwa ada 92 persen pengguna smartphone di Indonesia yang biasa menonton Youtube setidaknya sekali dalam seminggu. Oleh karena itu, jasa pasang iklan Youtube merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan engagement bisnis Anda dari Youtube.

Agensi digital marketing yang mampu menawarkan jasa pasang iklan Youtube, Google Ads, atau SEO adalah salah satu cara yang dapat Anda terapkan guna mengikuti perilaku konsumen Indonesia yang terbiasa melakukan riset sebelum melakukan pembelian online. Jadi, sudah siap mengembangkan bisnis Anda pada era digital?