Pentingnya Strategi Pemasaran Digital untuk Kelangsungan Bisnis

Makin hari, teknologi yang kini telah masuk ke berbagai sektor kehidupan terus berkembang semakin pesat. Kini, teknologi telah membuat segalanya terhubung dengan dunia digital, tidak terkecuali dunia pemasaran. Oleh karena itu, para pelaku bisnis perlu mengetahui pentingnya strategi pemasaran digital untuk kelangsungan brand Anda.

Dalam dunia digital, salah satu yang banyak berubah dan berkembang adalah konten iklan. Jika dulu iklan banyak tampil di depan televisi, koran, majalah, atau papan billboard, kini tidak lagi. Strategi pemasaran turut beradaptasi dengan merambah dunia digital karena sebagian besar orang lebih banyak melihat layar gadget dibandingkan media lainnya.

Selain itu, alasan-alasan berikut dapat memperkuat pentingnya strategi pemasaran digital. Ingin tahu apa saja? Mari baca selengkapnya di artikel ini!

Strategi Pemasaran Digital Mudah Diukur Kesuksesannya

Melakukan strategi pemasaran dengan menggunakan iklan digital dapat dengan mudah kesuksesannya dengan melihat jumlah tayangan, klik, dan konversi. Strategi pemasaran digital diakui mampu memberikan hasil yang sebanding dengan investasi yang ditanamkan.

Apalagi, strategi pemasaran melalui platform digital cenderung lebih spesifik dan bertarget. Selain itu, hasil yang didapatkan juga umumnya berupa data angka yang dapat dengan mudah dibandingkan dengan uang yang dikeluarkan.

Penyaluran Dana Lebih Efektif dan Transparan

Iklan dengan menggunakan media digital tidak sama dengan media konvensional. Jika sebelumnya di media konvensional Anda perlu membayar iklan langsung semuanya di muka dan bertaruh pada hasil yang belum tentu baik, tidak demikian dengan iklan digital.

Biasanya, iklan digital seperti iklan PPC sejenis Google Ads, Youtube Ads, memiliki metode pembayaran berupa pay-as-you-go atau pembayaran yang dilakukan dengan menghitung jumlah tayangan, klik, atau konversi yang dihasilkan. Jadi, dapat dikatakan Anda hanya akan membayar sejumlah biaya yang memang berhasil Anda gunakan untuk menarik calon pelanggan.

Dapat dikatakan Anda tidak akan membayar seluruh anggaran dengan media iklan digital, tetapi hanya membayar sesuai dengan keterlibatan hasil yang Anda terima. Tidak seperti iklan media konvensional yang terkenal mahal dan sulit untuk diprediksi keberhasilannya.

Lebih Fleksibel dan Mudah Diubah

Iklan di media konvensional hanya memanfaatkan slot yang tersedia saja, dan biasanya perlu waktu dan antrian untuk mendapatkan slot tersebut karena cukup terbatas. Wajar jika membuat iklan di media konvensional cenderung tidak fleksibel dan sulit untuk bertukar slot.

Misalnya saja pada sebuah koran terdapat 4 halaman yang dijadikan kolom iklan dan terdiri dari beberapa slot beserta layout-nya. Tentunya, jika tiba-tiba Anda ingin berubah slot, karena ingin mengubah layout, hal ini akan sulit dilakukan karena biasanya slot lain telah terisi dengan iklan lain.

Atau jika memasang iklan di televisi, Anda telah menentukan waktu tayangnya, tetapi ternyata hasil yang didapat tidak terlalu baik dan membuat Anda ingin mengubah jam tayangnya, hal ini tentu tidak mudah. Sebab, pastinya ada antrian slot yang sudah mengisi.

Di media digital, hal tersebut tidak akan terjadi karena teknik pemasaran digital memungkinkan pemasang iklan untuk bebas menargetkan audiens yang tepat. Bahkan, jika iklan tidak memberikan hasil yang baik, Anda dapat dengan mudah memperbarui, mengubah, atau bahkan menghentikan kampanye iklan jika memang perlu dilakukan.

Memungkinkan Pengiklan untuk Memahami Pelanggan Lebih Jauh

Sulit untuk mengetahui kesukaan dan keinginan pelanggan jika beriklan melalui media konvensional. Namun, dengan memasang iklan di media digital, pengiklan dapat menganalisis perilaku pelanggan dari klik yang mereka lakukan. Dapat dikatakan pemasaran digital memberi ruang bagi pengiklan untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan.

Melalui iklan digital, pengiklan dapat melihat perilaku pelanggan dan mengetahui apa yang mereka sukai dan tidak sukai. Hal ini dapat memberikan perspektif baru untuk kampanye iklan selanjutnya yang lebih efektif. Jadi, pentingnya strategi pemasaran digital salah satunya adalah dari manfaatnya yang dapat membantu penggunanya menjadi lebih baik lagi.

Itu dia beberapa poin pentingnya strategi pemasaran digital yang perlu Anda ketahui agar tidak ragu dan sangsi lagi melakukan pemasaran digital. Perlu diingat bahwa sebagian besar populasi dunia kini juga merupakan warga digital yang melakukan segala hal di internet. Tentunya kini sudah semakin jelas dan memperluas jangkauan pemasaran Anda, kan? Jadi, ayo segera pasang iklan digital Anda sekarang juga! Ingin Google ads, Youtube ads, Facebook ads, Twitter ads, atau Instagram ads? Semuanya dapat Anda pasang sekaligus dengan bantuan Tomato Digital, lhoYuk, hubungi sekarang!

Call Now Button