Penjualan Otomotif Indonesia yang Meningkat Lewat Internet

Inovasi dalam dunia teknologi dan media telah berkembang dengan sangat pesat dan memicu berbagai industri untuk semakin melebarkan sayapnya ke dalam dunia ini. Salah satunya adalah industri otomotif indonesia yang penjualannya sangat dipengaruhi oleh perkembangan internet.

Bahkan, ternyata kebanyakan konsumen dunia otomotif Indonesia lebih banyak berinteraksi dengan produk melalui media online dibandingkan secara langsung. Jadi, sekitar 95% pembeli kendaraan pada 2018 mendapatkan informasi produk yang mereka incar dari internet.

Bentuk interaksi dari para konsumen ini berbentuk dalam data pencarian yang masuk di dalam Google. Menurut data Google Trends 2018, pencarian mengenai otomotif di laman Google meningkat hingga 1,3 kali dari tahun sebelumnya.

Dari seluruh pencarian itu, sekitar 45% dari pencarian kategori otomotif merupakan mobil MPV (Multi Purpose Vehicles). Kemudian, sekitar 17% pencarian adalah berupa mobil SUV (Sports Utility Vehicle).

Peningkatan pencarian dan penjualan ini tidak hanya berlaku pada mobil saja. Penjualan kendaraan roda dua juga ikut meningkat seiring dengan kenaikan penjualan mobil. Diketahui pencarian terhadap produk motor, terutama jenis skuter matik meningkat hingga 1,6 kali.

Penjualan mobil tidak hanya meningkat akibat tingginya angka pencarian dalam Google. Namun, bentuk pemasaran mobil melalui internet dengan menggunakan video juga semakin meninggikan angka penjualan ini.

Sekitar 82% calon konsumen semakin positif untuk membeli produk otomotif Indonesia setelah melihat video pemasarannya di internet. Dan sekitar 65% dari calon konsumen itu mengatakan mereka dapat lebih mengenal produk kendaraan yang ditawarkan dengan video online tersebut.

Jadi, dapat dikatakan seorang calon pembeli kendaraan akan mencari informasi terlebih dahulu sebelum mendatangi dealer. Para calon buyer ini akan mencari informasi lokasi dealer, promosi yang sedang dijalankan, dan harga yang ditawarkan.

Lalu, ketika ada pekan pertunjukan produk otomotif, biasanya pencarian terhadap merek kendaraan dan acara yang berlangsung juga akan meningkat hingga 1,4 kali. Beberapa produk kendaraan yang dipamerkan juga biasanya akan meningkat pencariannya. Pencarian ini biasanya meliputi lokasi, promosi, harga tiket, dan peluncuran mobil baru yang dipamerkan.

Oleh karena itu, dalam mengembangkan pemasaran otomotif Indonesia melalui digital advertising, Anda perlu mengetahui apa yang dapat memancing pembeli. Beberapa cara berikut dapat Anda terapkan dalam memasarkan brand otomotif Anda.

  1. Kembangkan Website Terpercaya

Para calon pembeli akan melakukan pencarian mengenai produk kendaraan yang mereka minati melalui internet. Dengan memiliki website terpercaya yang lengkap dengan penjelasan produk hingga harga, Anda dapat memberikan kesan positif pada mereka sehingga kemungkinannya membeli akan semakin besar.

Selain itu, dengan adanya website terpercaya, Anda dapat menggunakannya untuk dipasang dengan jasa iklan google adwords. Sehingga setiap kali calon pembeli mencari di google dengan kata kunci terkait, website Anda akan muncul di paling atas pencarian. Hal ini meninggikan kemungkinan website Anda untuk dikunjungi.

  1. Pancing dengan Kata-kata Menarik

Selain dengan membuat website terpercaya, Anda juga perlu mengembangkannya agar sesuai dengan keinginan dan pencarian dari para calon pembeli potensial. Anda perlu tahu kata kunci apa saja yang biasanya dicari mereka dan mengembangkannya dengan menggunakan jasa SEO terbaik Jakarta agar kata kunci tersebut menampilkan website Anda.

  1. Buat Website Anda User Friendly

Jika telah memiliki banyak pengunjung yang tertarik dan mengunjungi website Anda, buatlah website tersebut mudah digunakan. Jangan sampai mereka meninggalkan website Anda karena kesulitan menggunakannya. Adanya fitur-fitur yang memudahkan seperti pilihan model kendaraan, warna, hingga harga dapat memudahkan para calon pembeli.

Namun, kemungkinan ketiga cara mengembangkan pemasaran produk otomotif Indonesia menggunakan teknik digital marketing ini akan cukup menyulitkan. Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir, Tomato Digital dapat membantu Anda mewujudkan semua hal di atas dengan mudah dan cepat. Bagaimana? Tertarik, kan? Yuk, populerkan brand Anda bersama kami!