Pasar Smartphone Indonesia Meningkat Berkat Internet

Ponsel pintar atau lebih akrab disapa smartphone telah berubah menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat modern. Angka kebutuhan terhadap ponsel yang meningkat di seluruh dunia ini turut dirasakan dampak positifnya oleh pasar smartphone Indonesia.

Penjualan smartphone di Indonesia selama beberapa tahun terakhir diketahui terus meningkat. Apalagi, pasar smartphone Indonesia terus berkembang dengan hadirnya beragam vendor yang menghiasi persaingan penjualan ponsel pintar di negara ini. Saking tingginya kebutuhan masyarakat Indonesia atas ponsel pintar, angka penjualannya di Indonesia diketahui menembus angka 60 juta unit pertahunnya.

Wajar saja jika penjualan ponsel pintar di Indonesia mampu menembus angka tersebut jika membandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 250 juta jiwa. Tentunya sebagai salah satu negara dengan penduduk terbanyak di ASEAN, Indonesia menjadi incaran utama dari para vendor smartphone untuk menjajakan produknya.

Meski penjualan pertahunnya hanya sekitar 60 juta unit, jumlah ponsel yang beredar di Indonesia ternyata lebih mencengangkan lagi, yaitu sekitar 300 juta unit, dengan jumlah pelanggan telekomunikasi yang aktif berjumlah 211 juta. Ponsel pintar dapat disebut telah mengambil alih sebagian besar penduduk Indonesia untuk terbiasa menggunakannya.

Namun, meski angka penjualan smartphone cukup tinggi, tidak berarti para konsumen di Indonesia tidak mementingkan kualitasnya. Justru, sebelum melakukan pembelian, sekitar 80 persen pembeli melakukan pencarian di internet untuk mencari informasi tentang smartphone yang akan dibeli.

Menurut para pencari informasi smartphone di internet, sekitar 71 persen dari mereka setuju bahwa ulasan mengenai ponsel model terbaru cukup informatif untuk mengenalkan produk baru. Pencarian mengenai produk smartphone baru cukup populer di Indonesia terutama pada siang hari dekat waktu makan siang dan pada malam hari sekitar pukul 9 malam. Bahkan, sekitar 67 persen pembeli smartphone tetap melakukan pencarian review produk di internet meski sedang berada di toko.

Sebab, para calon pembeli smartphone umumnya memiliki beberapa merek smartphone pilihan sebelum membeli. Atau yang lebih parah lagi, sekitar 8 dari 10 calon pembeli smartphone tidak mengetahui merek apa yang akan mereka beli. Lalu pada akhir pembelian, sekitar 20 sampai 30 persen dari berakhir membeli merek smartphone yang berbeda dari yang mereka cari di internet sebelumnya.

Lakunya penjualan pasar smartphone Indonesia tidak hanya didasarkan dari ponsel berkualitas saja. Ponsel-ponsel menengah dengan harga yang ramah cenderung meningkat popularitasnya. Pada tahun 2018, pencarian merek smartphone dengan harga terjangkau meningkat hingga 2 kali lebih besar. Harga terjangkau di sini tergolong pada harga kurang dari 2 juta sampai 2,5 juta. Namun, ternyata 6 dari 10 pencarian ponsel harga terjangkau didominasi oleh orang yang tinggal di wilayah luar perkotaan.

Dari data ini, dapat dikatakan bahwa cara terbaik dalam memasarkan smartphone adalah melalui internet. Terutama pemasaran dengan model ulasan atau review akan lebih memicu calon pembeli untuk melakukan transaksi.

Jadi, jika Anda memiliki bisnis smartphone segera pasarkan produk-produk Anda menggunakan jasa iklan google adwords agar selalu muncul pada halaman awal pencarian. Jasa iklan youtube ads juga dapat turut membantu meningkatkan popularitas merek smartphone Anda. Jika tertarik, segera hubungi Tomato Digital untuk memasang iklan Anda!