Pasang Iklan Instagram Memerlukan Beberapa Pengetahuan Ini

Instagram merupakan sebuah jaringan media sosial yang kini tumbuh sangat pesat di seluruh dunia. Hal ini rupanya mampu memberikan peluang baru dalam dunia pemasaran. Apalagi, pasang iklan Instagram tidak terbatas dan sangat terbuka bagi siapa saja, entah perseorangan, bisnis kecil, atau bisnis besar sekalipun.

Instagram mungkin memang telah dirilis sejak tahun 2010, tetapi fitur iklan yang ada di dalamnya baru saja disematkan setelah berselang 5 tahun setelahnya atau pada tahun 2015. Semenjak saat itu, mengiklankan barang dengan murah, mudah, dan menjangkau banyak audiens bukan lagi sebuah angan-angan.

Tetapi, sebelum Anda pasang iklan Instagram, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui agar iklan tersebut dapat bekerja maksimal. Mari simak apa saja di artikel ini!

Pahami Seluk Beluk dan Kelebihan Instagram

Instagram merupakan media sosial yang kini semakin meroket semenjak sahamnya dibeli oleh Facebook sekitar 1 milyar Dollar AS. Hingga kini, Instagram diketahui memiliki 400 juta pengguna aktif yang terus tumbuh dari hari ke hari dan membuat Instagram kian membesar.

Audiens Instagram diketahui agak berbeda dari platform media sosial lainnya. Sekitar 53 persen audiens di Instagram diketahui memiliki umur di bawah 29 tahun. Dapat disebut juga Instagram merupakan sarana pemasaran untuk memperluas audiens pada rentang usia aktif atau 30 tahunan.

Hal ini sepertinya telah disadari oleh sebagian besar perusahaan di Amerika. Oleh karena itu, sekitar 32,5 persen perusahaan-perusahaan di Amerika Serikat diketahui telah menggunakan Instagram sebagai media pemasarannya. Sepertinya, hal tersebut juga mulai terjadi di Indonesia dan pemasaran bisnis melalui media Instagram juga mulai banyak ditekuni.

Ketahui Format Iklan yang Disediakan

Siapapun yang pernah menggunakan Instagram pasti setuju jika platform ini disebut sebagai album foto digital. Memang Instagram mengusung tema membagikan gambar sebagai unggahan utamanya. Namun, kini Instagram juga telah berkembang memiliki fitur Stories yang menampilkan gambar atau video secara singkat dan akan hilang dalam waktu 24 jam.

Oleh karena itu, Instagram menjadi media yang sempurna untuk memasarkan bisnis secara visual dengan menyediakan foto-foto atau video-video yang berkaitan. Tidak hanya itu, kini Instagram juga memiliki format iklan Carousel.

Iklan gambar pada Instagram menekankan pemasaran pada aspek visual dan memungkinkan Anda untuk membuat tombol call to action yang dapat meningkatkan konversi dan menghubungkan audiens Instagram Anda ke website.

Lalu, untuk iklan Carousel ada beberapa fungsi tambahan seperti menampilkan gambar secara banyak sekaligus dan mampu memberikan link yang dapat mengarahkan ke landing page Anda.

Iklan Instagram dapat Terintegrasi dengan Facebook

Seperti penjelasan sebelumnya, saham Instagram telah dibeli sebagian besarnya oleh Facebook, sehingga wajar jika Instagram turut merasakan fitur unggulan dari Facebook. Misalnya seperti Facebook Power Editor yang diciptakan untuk membantu targeting iklan di Facebook.

Power Editor di Facebook juga memungkinkan Anda membuat iklan yang terintegrasi antara Instagram dan Facebook. Sehingga, Anda akan mampu menjangkau target audiens lebih banyak melalui beragam saluran yang ada.

Pasang iklan Instagram memang akan bekerja sangat efektif bagi bisnis yang memang perlu menampilkan produk atau jasanya secara visual. Namun, bagi bisnis-bisnis yang jasa atau produknya sulit untuk ditampilkan secara visual mungkin harus menerapkan strategi lebih.

Memang kedengarannya cukup rumit memasang iklan Instagram dan mengelolanya sendiri. Namun, Anda kini tidak perlu khawatir lagi, sebab ada Tomato Digital yang menawarkan layanan jasa pasang iklan Instagram. Tanpa perlu repot dan pusing, biarkan Tomato Digital yang memasang dan mengelola Instagram ads Anda!