Kesalahan Digital Marketing yang Banyak Terjadi, Ayo Hindari!

Sepertinya, pemasaran melalui dunia sudah menjadi hal lumrah dan dilakukan oleh hampir semua pelaku usaha. Masing-masing usaha ini umumnya sudah memiliki strategi dalam pemasaran digital sendiri. Sayangnya banyak yang pemasaran digitalnya belum efektif dan tidak mampu menjangkau pasar akibat kesalahan digital marketing yang dilakukan secara sadar atau tidak disadari.

Tidak hanya pemain digital marketing pemula, terkadang orang lama dalam dunia digital marketing pun dapat turut melakukan kesalahan dalam pemasaran digital secara tidak sadar. Padahal, agar digital marketing menjadi efektif, Anda seharusnya tidak menjalankan digital marketing hanya secara benar, namun sebaiknya juga dijalani dengan menghindari kesalahan. Jadi, mau tahu apa saja kesalahan digital marketing yang umum dan banyak dilakukan? Cari tahu jawaban selengkapnya di bawah ini!

  1. Membuat Website dengan Konten Berat

Konten website sangat menentukan dalam membuat pengunjung bertahan atau tidak di laman bisnis Anda. Biasanya, konten website yang terlalu berat dan membuat pengunjung menunggu loading yang cukup lama akan sering ditinggalkan. Salah satu sifat dari pengguna internet saat ini adalah tidak sabaran, jadi lebih baik buat konten website Anda lebih mudah diakses.

Selain itu, tidak hanya masalah lama tidaknya loading halaman website. Jika website Anda menggunakan dasar pemrograman yang terlalu baru agar dapat memunculkan konten, akan sulit juga bagi pengunjung untuk mengaksesnya. Misalnya website Anda memanfaatkan macromedia flash, padahal belum tentu semua pengakses website Anda menggunakan perangkat tersebut.

Jadi, sebaiknya selalu gunakan versi sederhana dari HTML yang dapat menampilkan teks agar pengunjung lebih mudah melihat isi website Anda. Jika bingung membuat website yang user-friendly, cobalah cari bantuan jasa web design sebagai solusinya.

  1. Tidak Mendaftarkan Bisnis dan Website di Mesin Pencarian

Salah satu mesin pencarian terbesar adalah Google, jadi pastikan bisnis Anda terdaftar secara resmi di mesin pencarian satu ini. Fitur Google yang memungkinkan seseorang mendaftarkan bisnisnya bernama Google Bisnisku. Dengan menggunakan fitur ini bisnis Anda dapat muncul dalam laman pertama Google dan memiliki kolomnya sendiri lengkap dengan lokasi, gambar, serta ulasan dari pelanggan yang telah mencoba jasa atau produk Anda.

  1. Tidak Memiliki Fokus Target Pemasaran

Biasanya, karena ingin menjaring lebih banyak calon konsumen, pemilik bisnis menempatkan target pasar yang besar dan tidak spesifik. Padahal, hal tersebut justru dapat menimbulkan bias yang berdampak pada tidak efektifnya digital marketing yang dilakukan.

Mengapa demikian? Hal ini terjadi karena pengguna internet memiliki beragam tipe dengan minat dan ketertarikan yang berbeda-beda. Tidak hanya itu, latar belakang usia, gender, dan asal juga sangatlah beragam dan mampu menentukan berhasil tidaknya pemasaran sebuah produk.

Jadi, dalam menghindari kesalahan digital marketing satu ini adalah Anda perlu meriset jenis dan latar belakang pelanggan setia Anda. Setelah itu, sebaiknya targetkan pemasaran digital untuk orang-orang yang sejenis dengan tipe pelanggan Anda sebelumnya. Cara ini mampu lebih efektif menyukseskan pemasaran digital bisnis Anda.

  1. Tidak Meriset dan Mengukur Kinerja Digital Marketing

Digital marketing memiliki satu kelebihan yang tidak dimiliki teknik marketing biasa, yaitu bisa diukur. Anda dapat melihat iklan mana yang menghasilkan konversi lebih tinggi, entah google ads, youtube ads, atau social media ads. Anda juga dapat mencari tahu konten mana yang mampu menarik banyak pengunjung.

Setelah meriset dan mengukur konversi dari tiap tayangan iklan atau konten yang Anda terbitkan, optimasilah teknik pemasaran digital marketing Anda dengan data yang telah didapatkan. Usahakan untuk mempertahankan iklan dan konten yang bernilai konversi tinggi agar pemasaran Anda lebih efektif.

Itu dia keempat poin mengenai kesalahan digital marketing yang cukup banyak terjadi dan dilakukan oleh pelaku bisnis. Bagi Anda yang ingin strategi pemasaran digital produknya berjalan efektif dan lancar, hindarilah keempat hal tersebut. Ingat, pemasaran digital tidak bisa hanya dilakukan dengan benar, melainkan juga harus dilakukan dengan menghindari kesalahan. Selamat menerapkan!

Call Now Button