Jenis Konten Media Sosial yang Menarik Perhatian Netizen

Mengelola media sosial mungkin tidak semudah kelihatannya. Terkadang, Anda mungkin bertanya-tanya mengenai jenis konten media sosial yang dapat menarik perhatian dan diminati oleh netizen.

Bukan tanpa sebab, konten yang disukai netizen akan mampu meningkatkan volume engagement seperti like, comment, share, dan klik yang berimbas pada menanjaknya konversi bisnis. Jadi, diperlukan strategi konten media sosial yang kuat untuk mewujudkan hal tersebut.

Oleh karena itu, untuk membantu Anda, berikut akan kami beritahukan apa saja jenis konten media sosial yang diminati netizen.

Informasi dalam Bentuk Gambar Infografis

Infografis merupakan salah satu alternatif memberikan informasi padat menggunakan cara yang ringkas dan tetap menarik untuk netizen. Infografis dapat dikreasikan sebaik mungkin agar terlihat unik dan eye-catching. Namun, tentunya sifat informatif dari konten tidak boleh dilupakan.

Kemampuan desain dan penyampaian informasi secara singkat namun jelas sangat diperlukan pada pembuatan infografis. Namun, kini ada juga aplikasi-aplikasi editing gambar yang telah menyediakan template infografis dan dapat digunakan secara cuma-cuma. Jadi, PR Anda hanyalah tinggal menyederhanakan informasi agar cukup disajikan dalam satu lembar halaman infografis yang disertai gambar.

Konten infografis cukup fleksibel dan dapat disebarkan di platform mana saja. Baik itu di Instragram, Twitter, Facebook, atau Linkedin. Menaruhnya dalam konten blog Anda juga dapat dilakukan.

Membuat Konten Tutorial atau Panduan Sesuatu yang Bermanfaat

Konten tutorial dapat dibuat baik dalam bentuk tulisan, gambar, atau video. Anda perlu menyesuaikan jenis-jenisnya tergantung platform yang digunakan. Sebab, ada perbedaan preferensi antara masing-masing netizen antar platform.

Misalnya untuk Facebook, Anda bisa saja memasukkan konten tutorial berupa tulisan panjang yang disertai gambar. Namun, hal itu tentu tidak cocok dilakukan di instagram. Pada Instagram biasanya orang membuat konten tutorial berupa video singkat.

Lain lagi dengan Twitter, meski bisa saja memasukkan video tutorial singkat, Twitter kini lebih unggul dengan fitur ‘utas’ yang memungkinkan Anda membuat tulisan berantai yang dapat disisipkan gambar pada setiap satu bagian utas.

Mengadakan Livestreaming untuk Talkshow atau Review Produk

Livestreaming kini tengah menjadi fitur baru dari berbagai platform media sosial. Meski awalnya disematkan di Facebook dan Instagram, kini Twitter juga dapat melakukan Livestreaming.

Fitur baru ini sebenarnya dapat dimanfaatkan untuk efisiensi biaya bisnis Anda. Jika dulu peluncuran produk perlu menyewa ruangan dan mengundang para customer, kini Anda dapat menggantikannya dengan melakukan Livestreaming sambil menjelaskan produk baru Anda. Tentunya biaya yang dikeluarkan akan sangat berkurang, kan?

Membuat Games atau Kuis Berhadiah

Games atau kuis berhadiah akan cukup menarik minat netizen. Apalagi jika hadiah yang Anda tawarkan cukup bernilai, pasti akan banyak netizen yang tertarik. Cara ini diketahui ampuh untuk meningkatkan volume engagement bisnis Anda karena umumnya games dan kuis akan memancing netizen untuk memberi komentar.

Jadi, cobalah buat games atau kuis berhadiah yang sederhana namun memancing ketertarikan netizen. Jangan lupa berikan iming-iming hadiah bagi pemenang yang ditentukan. Pasti, konten media sosial Anda akan meningkat dalam sekejap!

Membuat Konten Virtual Reality

Jika bisnismu memiliki daya tarik lokasi yang dapat ditonjolkan, menyajikan konten virtual reality bukanlah hal yang salah. Apalagi, virtual reality saat ini sedang sangat diminati oleh para pelaku bisnis. Sebab, bisnis yang membuat dan berbagi konten virtual reality kini diketahui mengalami peningkatan engagement.

Bisnis seperti restoran, hotel, sewa apartemen, dan bisnis properti lainnya akan sangat terbantu dengan fitur satu ini. Cara ini akan mampu menyuguhkan customer gambaran asli dan jelas dari bentuk bisnis yang Anda tawarkan.

Mengumpulkan Testimonial Klien dan Bagikan dengan Customer Lain

Testimonial klien adalah salah satu cara untuk meningkatkan rasa percaya customer pada Anda. Bukan rahasia lagi bahwa testimonial baik dari customer akan mempengaruhi customer lain untuk turut mencoba produk Anda.

Testimonial yang dapat Anda kumpulkan tidak hanya dapat berupa teks. Testimonial berbentuk video juga dapat Anda buat dan bagikan di media sosial. Cara ini akan semakin meningkatkan citra terpercaya Anda di mata customer.

Jadi, itu dia beberapa jenis konten media sosial yang perlu diketahui para pelaku bisnis. Anda dapat memilih salah satu atau langsung menjalankan semuanya untuk mendapatkan engagement yang lebih besar dari media sosial. Tentu kini semua setuju, kan, dengan pernyataan bahwa media sosial dan Social Media ads adalah ranah terbaik untuk melakukan pemasaran?