Industri Hiburan Digital yang Melaju Pesat di Indonesia

Industri hiburan menjadi salah satu sektor yang selalu turut berkembang bersama perkembangan zaman. Hiburan awalnya bermula dari penampilan dan pertunjukan yang hanya dapat ditonton secara langsung di tempat kejadian mulai berkembang. Mulai dari munculnya radio, lalu dilanjut televisi, hingga akhirnya kini muncul berbagai gadget yang dapat mengakses internet untuk mencari hiburan.

Revolusi industri hiburan yang kini merambah dunia digital makin giat digali oleh para pengembang dalam dunia internet guna mencari keuntungan. Sektor hiburan menjadi salah satu tren dalam era digital menyaingi popularitas transportasi online dan ecommerce yang juga terus berkembang.

Tidak sembarangan disebut menyaingi, sebab ranah hiburan kini menjadi salah satu kategori paling dicari dalam Google. Sekitar 87 persen pengguna internet dari perkotaan mencari kata kunci yang berkaitan dengan dunia hiburan. Tidak mau kalah, pengguna internet dari luar daerah perkotaan juga turut memberikan kontribusi yang tinggi pada kategori hiburan dengan presentase sekitar 72 persen dari keseluruhan pengguna.

Film, Permainan, dan Tayangan Televisi Berkembang Online

Perlu ditandai bahwa perkembangan teknologi juga mengembangkan industri hiburan digital menjadi lebih beragam. Bahkan, kebanyakan jenis hiburan merupakan sesuatu yang hanya dapat diakses secara online. Permainan, film, hingga tayangan televisi dapat diakses melalui internet.

Bukan rahasia lagi jika kini internet mampu menyuguhkan segala hal, termasuk film-film box office yang dulu hanya dapat ditonton dari bioskop atau dengan membeli DVD. Semenjak adanya internet, mulailah berkembang aplikasi-aplikasi berbayar yang disebut dengan aplikasi VOD atau Video on Demand yang membuat penggunanya dapat menonton film-film box office dengan membayar biaya langganan perbulan.

Namun, adanya aplikasi-aplikasi VOD ini tidak juga mengurangi antusiasme masyarakat dalam menonton di bioskop. Terbukti dari tingginya pencarian di youtube mengenai trailer-trailer film yang akan berlangsung. Bahkan, sejak 2016, pencarian trailer film di youtube telah berkembang sebanyak 2,6 kali hingga sekarang.

Permainan-permainan online juga kini telah menjamur dalam dunia industri hiburan. Bahkan, permainan online telah memiliki kompetisi profesionalnya dan tergolong dalam e-sport atau olahraga elektronik. Contohnya adalah ASIAN GAMES 2018 yang memiliki cabang e-sport sebagai salah satu kejuaraan antar negaranya. Kabarnya, pada SEAGAMES 2019 nanti, ada pula kompetisi e-sport yang diadakan.

Wajar jika antusiasme masyarakat terhadap game online semakin meningkat. Sebab, selain dapat merelaksasi diri, jika ditekuni game online mampu membawa prestasi. Mungkin hal inilah yang menyebabkan pencarian mengenai game online khususnya game online ponsel meningkat hingga 5 kali lebih besar sepanjang tahun 2017 hingga 2018.

Tidak hanya film dan game, tayangan televisi juga kini meningkat pencarian online-nya. Ternyata, masyarakat millennial lebih menyukai menonton melalui ponsel mereka dibandingkan dari televisi secara langsung. Mungkin hal ini didasari oleh kebutuhan masyarakat zaman sekarang yang lebih mobile sehingga perangkat praktis seperti ponsel jauh lebih berguna dibandingkan televisi.

Pada tahun 2018, pencarian streaming acara TV seperti World Cup diketahui berjumlah sekitar 250 juta pengguna. Hal ini tumbuh lebih besar 5 kali dari World Cup terakhir yang dilaksanakan pada 2014 lalu.

Industri Hiburan Digital yang Meningkat Berkat Jasa Internet Cepat

Beberapa tahun terakhir, koneksi internet di Indonesia memang mulai membaik. Muncul banyak layanan operator yang berlomba-lomba menyediakan akses internet cepat. Hal ini ternyata cukup membantu pertumbuhan ranah hiburan digital sebab sekitar 80 persen penggunaan layanan 4G adalah untuk mengakses media sosial, Youtube, streaming online, dan situs hiburan lainnya.

Hal ini menjadikan internet cepat sebagai suatu hal yang sangat dicari untuk memenuhi kebutuhan hiburan tersebut. Maka, timbullah peningkatan pencarian kata kunci “paket data video” sekitar 1,7 kali dan kata kunci “internet murah” sekitar 1,4 kali. Tentunya pencarian ini menguntungkan bagi para perusahaan layanan operator, namun juga semakin mengetatkan persaingan satu sama lain.

Apalagi dengan semua data yang kini dengan mudah ditemukan di Google, calon customer dapat dengan mudah membandingkan satu produk dengan produk lainnya. Jadi, layanan termurah dengan kualitas lumayan pasti akan menjadi yang paling unggul di antara semuanya.

Kebiasaan mendapat asupan internet cepat ini telah membangun masyarakat menjadi lebih tidak sabaran, sehingga ketika internet terdapat gangguan atau masalah sedikit dan koneksi melambat, konsumen akan mudah mengeluh. Koneksi internet lambat meningkat pencariannya hingga 9,5 kali dalam setahun terakhir. Komplain customer terhadap gangguan internet lambat juga meningkat hingga 3,3 kali dari sebelumnya.

Dengan demikian, wajar jika mengatakan bahwa cara terbaik dalam memasarkan suatu barang adalah dengan memanfaatkan media hiburan dan situs pencarian. Tentu memasang iklan pada salah satu media tersebut akan lebih berguna dalam meningkatkan popularitas produk.

Misalnya saja dengan memanfaatkan jasa pasang iklan youtube, karena website hiburan satu ini termasuk yang paling sering dikunjungi tentunya akan lebih efektif untuk beriklan di sini. Begitu juga dengan media sosial seperti Instagram atau Facebook yang kini masih digandrungi. Memasang sosial media ads juga merupakan sebuah terobosan dalam memanfaatkan momen tingginya kebutuhan hiburan masyarakat. Jadi, tunggu apa lagi? Segera pasarkan produk Anda menggunakan jasa digital ads sekarang!

Call Now Button