Google Ads Vs Facebook Ads, Mana yang Lebih Efektif?

Google ads vs facebook ads kira-kira mana yang lebih efektif? Dalam iklan online dengan klik berbayar, google ads dan facebook ads merupakan raja yang saling bersaing satu sama lain. Keduanya dapat menjadi media yang efektif dalam pemasaran online untuk bisnis.

Namun, keduanya memiliki beberapa perbedaan yang cukup mendasar dan signifikan. Perbedaan kedua hal inilah yang dapat menjadi pertimbangan untuk memilih mana yang bisnis Anda lebih butuhkan di antara Google ads vs facebook ads. Untuk membandingkannya, simak perbedaan kedua hal ini di artikel berikut!

Perbedaan Google Ads Vs Facebook Ads

Dasarnya, kedua hal ini sama-sama merupakan platform periklanan yang dioperasikan dengan pembayaran berdasarkan jumlah klik. Keduanya sama-sama perlu melakukan pemasangan budget di awal yang jumlahnya bergantung pada budget yang ingin Anda pasang untuk iklan tersebut.

Lalu, untuk hal lainnya, terdapat perbedaan besar di antara keduanya, yaitu:

  • Cara Kerjanya

Facebook ads merupakan platform advertising yang mampu menjangkau audiens berdasarkan informasi demografis, lokasi, kebiasaan, dan ketertarikan. Sedangkan Google ads merupakan cara untuk menampilkan iklan pada laman pencarian sesuai dengan kata kunci relevan yang dicari oleh audiens.

  • Keunggulan

Facebook ads meningkatkan awareness audiens terhadap bisnis Anda dan mampu menjangkau calon pelanggan potensial secara efektif. Lalu, Google ads berbeda dari facebook ads pada keunggulannya karena kegunaan utamanya adalah mampu menjangkau orang-orang yang sudah siap membeli atau orang yang tahu apa yang sedang dicarinya.

  • Jangkauan

Facebook ads tentunya berpotensi dalam menjangkau akun-akun pengguna dan pengakses facebook, sedangkan google ads lebih berfokus pada menjangkau audiens yang mencari kata kunci dan frasa yang spesifik pada laman pencarian Google.

  • Konten Ads

Di dalam facebook, Anda dapat memasang ads yang berisi konten visual seperti gambar dan video yang menarik untuk dilihat dan dibagikan oleh audiens. Lalu, untuk google ads, Anda hanya akan memerlukan kata-kata yang menarik dan unik dalam menarik perhatian audiens.

  • Ukuran Kesuksesan

Facebook ads dapat diukur sukses tidaknya melalui jumlah likes, shares, dan comments yang didapatkan oleh tayangan iklan tersebut. Tidak demikian dengan Google ads yang ukuran kesuksesannya didasarkan pada jumlah klik, presentase CTR (Click Through Rates), dan jumlah penjualan.

Jadi Lebih baik Mana Google Ads Vs Facebook Ads?

Dalam menentukan mana platform advertising terbaik untuk bisnis Anda, Anda perlu mempertimbangkan apa tujuan yang ingin dicapai. Jika tujuannya adalah untuk berfokus pada membuat hasil penjualan meningkat secepat mungkin, maka jawabannya adalah Google ads. Namun, jika yang Anda kejar adalah brand recognition atau jangkauan audiens yang lebih luas, maka Facebook ads merupakan solusinya.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu mempertimbangkan industri calon klien Anda. Bagi bisnis yang menerapkan B2B dan B2C, menggunakan google ads akan berdampak lebih baik dan kemungkinan suksesnya lebih tinggi. Akan tetapi, bisnis dengan konsep B2C juga baik jika menggunaka facebook ads, terutama bisnis B2C yang menjual barang-barang mahal.

Pertimbangkan juga masalah budget dan level kemampuan teknis bisnis Anda. Pada beberapa industri yang memiliki persaingan kompetitif, Anda perlu mengetahui bahwa Google ads akan memakan banyak budget untuk diinvestasikan. Namun, jika ingin membuat iklan di facebook ads, Anda perlu memastikan bahwa konten iklan Anda sudah menarik dan unik sehingga mampu menjangkau audiens dengan lebih baik.

Baik google ads maupun facebook ads, keduanya sama-sama merupakan pilihan yang baik untuk memasarkan bisnis Anda secara online. Keduanya sama-sama bermanfaat jika Anda dapat menggunakannya dengan benar dan efektif. Yang terpenting dari menggunakan iklan online berbasis klik berbayar, Anda perlu melacak dan memeriksa hasilnya.

Apapun pilihan Anda, baik google ads maupun facebook ads, pastikan campaign iklan Anda berjalan lancar. Salah satu cara mudah dalam memastikan campaign Anda berjalan lancar dan selalu menerima laporan perkembangan ads adalah dengan menggunakan agensi digital marketing terbaik di Indonesia, yaitu Tomato Digital.

Segera hubungi kami untuk penawaran terbaik dari pemasangan iklan lewat google ads maupun facebook ads. Selamat meningkatkan popularitas bisnis Anda menggunakan pemasaran digital! Semoga berhasil, ya!