Data Digital Indonesia 2019: Sebuah Pengantar Awal Tahun

Setelah tahun 2018 selesai dengan banyak membawa perubahan dalam dunia digital, 2019 dimulai dengan banyak perkembangan baru. Data digital Indonesia 2019 menunjukkan adanya perubahan signifikan di awal tahun 2019 ini jika dibandingkan dengan tahun 2018.

Ingin tahu bagaimana laporan data digital Indonesia 2019 selengkapnya? Mari simak di sini, ya!

  1. Perubahan Populasi Masyarakat Digital 2019

1. Perubahan Populasi Masyarakat Digital 2019

Total populasi masyarakat Indonesia pada Januari 2019 diketahui sebanyak 268,2 juta jiwa. Akan tetapi, angka pengguna layanan operator ponsel diketahui ada sebanyak 355,5 juta pengguna. Hal ini membuat presentase pengguna ponsel lebih besar 133% dari jumlah asli masyarakat Indonesia. Dapat disimpulkan bahwa sebagian masyarakat Indonesia memiliki lebih dari satu buah ponsel.

  1. Peningkatan Pengguna Internet

2. Peningkatan Pengguna Internet

Pada awal tahun 2019, jumlah pengguna aktif internet di Indonesia diketahui sebanyak 150 juta jiwa atau sekitar 56% dari total jumlah penduduk Indonesia. Dan sekitar 142,8 juta pengguna internet diketahui merupakan pengguna internet ponsel aktif.

  1. Intensitas Penggunaan Internet Masyarakat Indonesia

3. Intensitas Penggunaan Internet Masyarakat Indonesia

Sebanyak 79% dari 150 juta pengguna internet selalu menggunakan internet setiap hari untuk menunjang kehidupannya. Lalu, ada juga sekitar 14% pengguna internet yang biasa mengakses internet hanya seminggu sekali. Lalu, sekitar 6% pengguna internet mengaku menggunakannya hanya sekitar sebulan sekali. Dan yang paling sedikit, atau sekitar 1% pengguna internet mengklaim menggunakan internet sangat jarang atau kurang dari sebulan sekali dalam setahun.

  1. Hal yang Orang Indonesia Lakukan di Internet

Hal yang Orang Indonesia Lakukan di Internet

Banyak kegiatan menarik yang dapat dilakukan di internet, mulai dari mencari pengetahuan hingga hiburan dapat dilakukan di sana. Namun, sebagian besar pengguna internet Indonesia (98%) menggunakan internet untuk menonton video online. Tidak hanya video online, sekitar 50% dari pengguna internet Indonesia juga mengaku gemar mengakses konten televisi melalui internet. Lalu, 46% pengguna internet gemar bermain game online di internet, atau bahkan 36% pengguna internet juga senang menonton streaming orang lain yang sedang bermain game online.

  1. Penggunaan Media Sosial Pengguna Internet Indonesia

Penggunaan Media Sosial Pengguna Internet Indonesia

Ternyata, 150 juta pengguna aktif internet juga merupakan pengguna aktif media sosial. Akan tetapi, hanya 130 juta pengguna saja yang aktif mengakses media sosial melalui ponselnya.

  1. Hal Lain yang Dilakukan Pengguna Internet di Ponsel

Hal Lain yang Dilakukan Pengguna Internet di Ponsel

Tidak hanya mengakses media sosial, pengguna internet di ponsel juga melakukan hal lain berupa berbalas pesan di aplikasi pesan mobile, menonton video, bermain games, mengakses mobile banking, dan melihat aplikasi penunjuak jalan (maps).

Itu dia laporan data digital Indonesia 2019, ternyata semakin hari Indonesia semakin dalam dimasuki oleh penetrasi penggunaan internet. Wajar jika kini segala macam bisnis telah turut memakai internet dalam mengembangkan bisnisnya. Digital ads menjadi salah satu primadona pemasaran bisnis dengan pertumbuhan internet yang sepesat ini. Oleh karena itu, mari segera lakukan pemasaran digital dengan menggunakan agensi paling terpercaya di Jakarta, yaitu Tomato Digital Indonesia.