Cara Menjaga Aset Digital Marketing untuk Bisnis Anda

Aset digital marketing merek Anda adalah hal krusial bagi bisnis. Oleh karena itu, hal ini perlu diperhatikan dan dijaga dengan baik agar Anda tidak perlu khawatir aset tersebut akan disalahgunakan atau dicuri dengan cara menjaga aset digital marketing.

Apalagi dengan kondisi dunia digital saat ini yang sangat rentan akan serangan hacker dan pencurian konten. Penting sekali untuk melindungi aset-aset digital marketing yang telah Anda miliki. Untuk mengetahui apa saja cara menjaga aset digital marketing, mari simak selengkapnya di bawah ini, ya!

Buat Pondasi yang Aman untuk Aset Digital Anda

Cara pertama yang perlu kamu lakukan adalah memberikan keamanan lebih dengan menggunakan perangkat tambahan seperti Bitwarden, sebuah alat yang dapat membantumu menciptakan password kompleks dan unik untuk segala keperluan. Password yang unik dan kompleks sangat membantu dalam menciptakan pondasi yang aman untuk menjaga aset digital Anda dari serangan hacker.

Selalu Update Piranti dan Jangan Biarkan Terkena Spam

Untuk menjaga aset digital milikmu tetap aman, usahakan untuk selalu update pirantimu dengan versi terbaru agar semakin aman dan sulit dimasuki virus dari hacker. Anda juga dapat menggunakan VPN yang bisa digunakan untuk membatasi akses karyawan ke situs-situs yang dianggap berbahaya karena terdapat kemungkinan phising dan risiko virus malware.

Berikan Edukasi pada Karyawan

Usahakan untuk selalu memberikan edukasi pada karyawan tentang pentingnya menjaga aset digital perusahaan agar tidak mudah diretas atau diambil alih oleh pihak luar. Berikan edukasi mengenai konsekuensi jika mereka mengabaikan masalah keamanan dan tidak peduli dengan keamanan aset-aset digital perusahaan.

Selalu Buat Backup Aset Digital

Jangan pernah biarkan aset digital Anda tersimpan begitu saja tanpa backup. Selalu sediakan beberapa backup untuk berjaga-jaga jika suatu saat nanti aset konten digital yang Anda miliki hilang dan dipergunakan oleh orang lain. Dengan begini Anda memiliki bukti lebih bahwa aset tersebut benar-benar milik Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan layanan asuransi cyber yang berguna untuk melindungi aset-aset digital Anda di internet. Jika jaringan Anda down atau informasi privat perusahaan Anda terekspos dan menyebabkan kerugian materil, asuransi ini akan mengamankan dan meminimalisasi kerugian yang Anda alami. Tidak peduli Anda berasal dari perusahaan besar atau kecil, selama bisnis Anda menggunakan internet, keberadaan asuransi jaringan internet ini sangat dibutuhkan oleh bisnis Anda.

Jadi, itu dia beberapa cara menjaga aset digital marketing yang dapat Anda terapkan untuk menjaga keamanan data-data digital yang Anda miliki. Tunggu apalagi? Segera amankan aset digital marketing Anda sekarang sebelum kebobolan pencurian data digital, ya!