Cara Membuat Banner Ads yang Efektif Menarik Pelanggan

Ketika memutuskan untuk memasarkan produk secara online, sudah sewajarnya Anda memakai jasa pemasangan google display advertising untuk menampilkan iklan visual produk Anda dengan jangkauan yang lebih luas. Namun, memasang google display advertising tidak bisa sembarangan karena memerlukan banner sebagai kelengkapan utamanya. Sayangnya, kebanyakan pengiklan belum tahu cara membuat banner ads yang bagus dan benar agar iklan menjadi lebih efektif.

Efektif atau tidaknya ads yang Anda pasang menggunakan google display advertising mempengaruhi hasil dari kampanye iklan tersebut. Sebab, aksi yang dilakukan pengunjung ketika melihat banner Anda didasarkan dari menarik atau tidaknya banner. Banner yang banyak diklik pasti lebih menarik dibanding banner yang banyak diacuhkan.

Tentu saja membuat banner ads memerlukan kreativitas dan pengetahuan agar menarik calon pelanggan secara efektif. Jadi, mari ikuti cara membuat banner ads yang efektif menarik pelanggan seperti di artikel ini!

Atur dan Sesuaikan Struktur Layout Iklan dalam Banner

Ketika mendesain banner iklan, Anda perlu memerhatikan struktur yang terdapat di dalam banner. Pastikan dan atur struktur iklan banner Anda menjadi lebih sesuai dan menonjolkan sesuatu yang sedang diiklankan. Hal ini dapat membantu iklan tampil lebih efektif dalam mempromosikan bisnis.

Jangan sampai tata letak iklan Anda tidak berfokus pada apa yang ingin Anda sampaikan dan malah menimbulkan gagal fokus. Sayang sekali jika iklan yang Anda tayangkan justru tidak menarik dan menimbulkan kebingungan sehingga diacuhkan akibat tata letak dan strukturnya yang membuat gagal fokus.

Buat Pesan dalam Banner Iklan dengan Kalimat yang Efektif

Sebuah iklan yang efektif mampu menyampaikan pesan dalam iklannya secara singkat, padat, dan jelas. Memang, space untuk beriklan dalam sebuah banner tidaklah luas dan sangat terbatas. Oleh karena itu, kemampuan membuat pesan dalam kalimat yang lugas dan singkat sangat diperlukan.

Namun, bukan berarti space kecil dan terbatas dari banner iklan menjadi sebuah penghalang untuk menciptakan iklan yang unik dan menarik. Memang membutuhkan usaha lebih dalam menciptakan iklan yang unik dan menarik di banner, namun bukan berarti tidak bisa.

Sebaiknya gunakanlan teknik copywriting dalam membuat kalimat yang dipasang di banner. Lakukanlah riset untuk mencari tahu karakteristik pelanggan Anda, dan buatlah iklan yang relevan dan dapat menarik perhatian mereka. Iklan yang bersifat relevan dan mampu dirasakan juga oleh calon pelanggannya cenderung akan menciptakan konversi yang lebih baik.

Buat dan Masukkan Kalimat Call to Action

Kalimat call to action merupakan bagian penting dari sebuah banner ads, sebab kalimat ini dapat menentukan aksi dari pengguna internet. Kalimat call to action sebenarnya merupakan kalimat ajakan yang dapat digunakan untuk menyuruh calon pelanggan menghubungi, melihat produk atau penawaran, membeli produk, dan lain-lainnya.

Call to action tidak hanya dapat dilakukan sebatas tulisan saja, melainkan juga dapat tampil dalam bentuk berbeda misalnya berupa gambar bergerak. Atau, jika memutuskan untuk membuat call to action dengan kalimat, gunakanlah yang menarik dan tidak terlalu umum. Gunakanlah kalimat yang lebih spesifik seperti “Beli Sekarang” atau “Daftar di Sini”. Hindari menggunakan kalimat “Klik di Sini” karena terlalu umum dan kurang spesifik sehingga kurang menarik.

Kalimat call to action yang digunakan juga dapat menggunakan dan menambahkan kalimat yang menimbulkan rasa urgensi atau mendesak dari calon pelanggan. Sebab, pastinya, sebelum memutuskan untuk menggunakan atau membeli produk Anda, calon pelanggan pastinya akan berpikir dan melakukan pertimbangan terlebih dulu. Kalimat yang memancing rasa urgensi ini dapat membuat calon pelanggan secara impulsif mengikuti instruksi iklan Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menonjolkan call to action dengan menggunakan desain warna terang untuk font-nya. Pastikan warna tulisan atau gambar yang digunakan berwarna kontras dengan background. Lalu, jika bisa, buatlah call to action yang berbentuk tombol.

Gunakan Gambar dengan Kualitas Baik

Gambar yang berkualitas dalam desain banner sangatlah penting karena akan menciptakan kesan profesional sehingga lebih meyakinkan calon pelanggan. Kualitas baik sebuah gambar salah satunya memang ditentukan dari resolusi yang tinggi, namun tidak hanya itu saja. Gambar berkualitas baik juga harus merupakan gambar yang relevan dengan bisnis Anda.

Selain itu, perhatikan pula masalah hak cipta gambar. Sebaiknya memang gunakanlah gambar yang Anda buat sendiri. Sebab, apabila menggunakan gambar yang belum jelas hak ciptanya, bisa-bisa suatu saat ada orang lain yang mengakui gambar tersebut adalah miliknya dan Anda berisiko dituntut akibat melanggar lisensi hak cipta karya orang lain.

Buat Banner dengan Standar Ukuran Ini

Banner iklan memiliki standar ukurannya sendiri yang telah ditentukan oleh IAB (Internasional Advertising Bureau). Berikut daftar ukuran banner yang sesuai dan dapat Anda ikuti sebagai cara membuat banner iklan Anda:

Ukuran Banner

Jadi sekarang Anda sudah mengetahui, kan, apa saja yang diperlukan dalam membuat banner ads. Jika sudah tahu bagaimana cara membuat banner ads yang efektif, sekarang Anda perlu menerbitkan iklan Anda! Nah, untuk urusan yang satu ini Anda tidak perlu khawatir kesulitan memasangnya, sebab ada Tomato Digital yang dapat membantu Anda menerbitkan ads Anda ke dalam jasa iklan google display network. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, segera buat banner ads Anda dan hubungi kami untuk memasang iklan online!