Bisnis Pinjaman Online, Cabang Fintech yang Semakin Populer

Dulu, mengajukan pinjaman uang cukup sulit dan memiliki banyak syarat. Sekarang, semenjak kehadiran fintech atau financial technology, bisnis pinjaman online muncul dan memudahkan proses meminjam uang. Hanya menggunakan ponsel, proses pinjam-meminjam dapat dilakukan dan uang dapat cair dengan cepat.

Sudah bukan rahasia lagi jika bisnis pinjaman online benar-benar memberikan kemudahan dalam meminjam uang tidak seperti bank. Kemudahan ini sepertinya berasal dari modal pinjaman yang berasal dari perusahaan pemberi pinjaman itu sendiri ataupun dari perseorangan jadi tidak melibatkan proses pengecekan bank.

Karena kemudahan ini, banyak dari calon pengaju aplikasi pinjaman online menjadi ragu dan khawatir sehingga melakukan sedikit riset sebelum mengajukannya. Sekitar 74 persen melakukan riset secara online terhadap perusahaan pemberi pinjaman sebelum mengajukannya. Lalu, sekitar 72 persennya mengandalkan mesin pencarian seperti Google dalam mendapatkan informasi mengenai pinjaman online.

Bahkan pada tahun 2018 kemarin, pertumbuhan pencarian mengenai pinjaman personal meningkat hingga 1,5 kali lebih besar. Kata kunci “pinjaman online” merupakan salah satu yang paling meningkat hingga 36 persen dari kategori pinjaman personal. Peningkatan pada kata kunci “pinjaman online” ini diketahui telah berkembang menjadi 5 kali lebih besar dari tahun sebelumnya.

Pertumbuhan bisnis pinjaman online ini diharapkan dapat membantu kebutuhan dalam pendanaan dan inklusi pembayaran bagi masyarakat Indonesia. Sebab, bagi sebagian kalangan masyarakat, mungkin akan sulit untuk mengajukan pinjaman konvensional yang diadakan oleh perbankan karena mungkin tidak sesuai dengan kriteria dari serangkaian proses pengecekan yang dilakukan.

Tidak Hanya Bisnis Pinjaman Online, Program Cicilan Juga Turut Meningkat

Kehadiran ­e-commerce sepertinya meningkatkan daya beli masyarakat. Bahkan, kini pembelian dalam metode cicilan juga turut meningkat berkat kemudahan pengajuan cicilan yang diberikan oleh para e-commerce ini.

Tidak heran jika pencarian mengenai program cicilan e-commerce saat ini turut meningkat hingga 1,9 kali lebih besar. Bahkan, pencarian dengan kategori satu ini diketahui sebagai salah satu pencarian yang paling cepat tumbuh dibanding kategori lainnya. Hal ini turut meninggikan volume pencarian untuk kata kunci secara umum hingga 1,7 kali dari sebelumnya.

Salah satu program cicilan yang paling diminati oleh calon konsumen saat ini adalah program cicilan HP. Kata kunci “cicilan HP” meningkat pesat dalam setahun terakhir. Diantara semua produk cicilan, sepertinya pembelian ponsel masih menjadi alasan tertinggi bagi seorang konsumen untuk memulai program cicilan.

Pencarian yang juga tinggi selain cicilan HP adalah program cicilan mobil. Sepertinya, harga mobil yang cukup tinggi namun kebutuhan mobilitas masyarakat yang semakin meninggi membuat program cicilan mobil turut meningkat. Riset dari calon konsumen mengenai program cicilan mobil di internet juga turut meningkat. Setelah lebaran tahun 2018, pencarian mengenai program cicilan mobil di internet diketahui meningkat hingga 1,5 kali lebih tinggi dari sebelumnya.

Dengan meningkatnya program cicilan dan bisnis pinjaman online, kedua hal ini menjadi harapan bagi solusi keuangan masyarakat di masa depan. Kemungkinan, dalam beberapa tahun ke depan, bisnis fintech mungkin akan menyaingi bank konvensional yang ada. Semuanya tergantung dari Anda sebagai penggerak bisnis ini. Jadi, bagi Anda pengusaha fintech, mari tingkatkan popularitas bisnis Anda dengan memanfaatkan momen ini. Iklankan produk pinjaman online Anda di google adwords menggunakan jasa Tomato Digital sekarang!

Call Now Button