Apa itu Google Ads?, Dan Mengapa Saya Membutuhkannya?

Memasuki dunia serba digital, pendekatan menggunakan internet dan teknologi merupakan hal yang wajar saat ini. Apalagi jika Anda memang memiliki bisnis di dunia jual-menjual barang maupun jasa. Dan sebagai langkah untuk mencoba berjualan di dunia online, Anda pasti ingin menjangkau pelanggan baru yang lebih besar juga secara online. Tetapi, bagaimana cara yang mudah dan tepat untuk melakukan hal tersebut?. Anda bisa saja menggunakan media sosial sebagai sarana untuk melakukan pendekatan dengan para pelanggan secara online. Dan jika Anda ingin menjalankan bisnis Anda dengan lebih jauh lagi, beriklan dengan Google Ads mungkin tepat untuk Anda. Ketika Anda beriklan dengan Google Ads, Anda juga akan melakukan investasi dalam bisnis Anda. Pastikan Anda memahami cara kerja Iklan Google dan bagaimana investasi ini dapat membantu mengembangkan bisnis Anda, sesuai anggaran yang Anda miliki. Namun, apa itu Google Ads? Mari kita bahas lebih jauh penjelasan tentang “apa itu Google Ads?”.

Google Ads merupakan program periklanan Google secara online. Melalui Google Ads ini, Anda dapat membuat iklan online untuk menjangkau orang-orang yang tepat. Yang sesuai dengan anggaran Anda, ketika mereka tertarik dengan produk maupun layanan yang Anda tawarkan. Google Ads juga menjadi produk yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda. Membantu menjual produk atau layanan, meningkatkan kesadaran, dan meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda. Akun Google Ads nantinya harus dikelola secara online. So, Anda dapat membuat dan mengubah kampanye iklan tsb kapan saja, termasuk teks iklan, pengaturan, serta anggaran. Most importantly, tidak ada komitmen pembelanjaan minimum. Anda juga bisa mengatur dan mengendalikan anggaran sendiri, memilih di mana iklan muncul, menetapkan anggaran yang nyaman, dan bisa melihat dampak dari iklan itu.

Apa itu Google Ads? Dan Mengapa Saya Membutuhkannya?.

Berbicara tentang Google Ads, dan jika Anda seperti kebanyakan pemilik bisnis yang sudah ada, gagasan menjalankan Google Ads sangat menggiurkan dan menakutkan. Lagi pula, jika Anda melakukannya dengan benar, Google Ads dapat mengubah bisnis Anda. Tapi, jika Anda nantinya melakukannya dengan salah, Anda bisa menghabiskan banyak dana dan tidak mendapatkan apa pun. Tetapi tidak ada janji atau masalah yang datang bersama Google Ads yang benar-benar menggambarkan apa platform pemasaran ini atau bagaimana cara kerjanya.

Google Ads adalah platform iklan pay-per-click (PPC). Tidak seperti platform PPC lain seperti Facebook. Google Ads sebenarnya menawarkan kepada pengiklan dua cara dasar untuk menjangkau orang-orang, yaitu melalui Google Search Network dan melalui Google Display Network. Dan meskipun pendekatan ini secara fungsional sangat berbeda, kedua cara ini menggunakan sistem penawaran PPC, di mana pengiklan menawar agar iklan mereka ditampilkan kepada pemirsa yang relevan.

Google Search memungkinkan Anda untuk menampilkan iklan kepada pengguna yang secara aktif mencari kata kunci tertentu. Jika Anda memiliki bisnis lansekap, Anda menawar agar iklan Anda muncul setiap kali pengguna mengetik “Landscaper in Rome”, atau yang lainnya. Seperti yang dapat Anda bayangkan, “iklan teks” ini bisa menjadi peluang bagus untuk menangkap pengguna yang berada pada tahap penelitian dan tahap pembelian dari lorong penjualan digital. Iklan teks ditandai dengan tag “Iklan” kecil di samping URL situs. Google Display Network bekerja secara berbeda. Alih-alih menampilkan iklan kepada pengguna yang secara aktif mencari produk atau layanan online, display ads atau banner ads akan ditempatkan di situs web dimana target tersebut berada menurut Anda.

Karena mereka tidak aktif mencari apa yang harus Anda jual, orang biasanya cenderung tidak mengklik banner ads. Mengapa?, Karena terkadang orang tidak tahu apa yang mereka inginkan sampai mereka melihatnya. Jadi display ads dapat membantu Anda berada di hadapan calon pelanggan yang mungkin tidak pernah menemukan produk atau layanan Anda.

Haruskah Mencoba untuk Mengetahui Apa Itu Google Ads?

Saat ini, ada banyak platform PPC yang dapat dipilih. Anda memiliki platform Facebook dan Instagram Ads, Twitter Ads, Pinterest Promoted Pin, dan lain sebagainya. Di sisi lain, Google Ads bahkan bukan satu-satunya platform iklan mesin pencari – ada Bing Ads dan Yahoo Ads yang bisa menjadi opsi juga. Namun, terlepas dari semua persaingan, Google Ads masih merupakan salah satu cara terbaik untuk menjangkau audiens target Anda.

Facebook Ads dan platform PPC lainnya pasti dapat berfungsi, dan mereka dapat bekerja dengan sangat baik. Kemampuan menjangkau pelanggan yang menelusuri produk, merek, dan konten seperti milik Anda (bukan opsi dengan sebagian besar platform PPC media sosial) adalah peluang luar biasa (dan menguntungkan) yang tidak boleh diremehkan. Ini bisa memberi Anda kesempatan untuk merebut penjualan mudah sebelum pesaing Anda melakukannya.

Cara Membuat Kampanye tentang apa itu Google Ads?

Setelah Anda memutuskan bahwa Anda ingin menjalankan kampanye Google Ads, Anda harus terjun dan mulai membuatnya. Pergilah ke situs Google Ads sehingga Anda bisa segera menjalankannya. Anda akan diminta untuk membuat akun, yang hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Setelah akun Anda aktif dan berjalan, Anda akan dapat membuat kampanye.
Hal pertama yang Anda lakukan adalah menentukan jenis kampanye apa yang ingin Anda buat. Anda dapat memilih dari iklan pencarian, jaringan display, iklan belanja (yang akan menunjukkan produk Anda kepada mereka yang mencari), iklan video (yang akan ditampilkan di YouTube dan di situs online) dan aplikasi universal. Selanjutnya, pilih tujuan spesifik apa yang ingin Anda optimalkan untuk: lalu lintas, prospek, atau penjualan situs web.

Setelah Anda melakukan ini, Anda akan memilih bagaimana Anda berencana mencapai sasaran tersebut, apakah itu melalui panggilan telepon, unduhan aplikasi, atau kunjungan situs. Anda dapat memilih seberapa banyak yang Anda suka, lalu menambahkan detail situs, nomor telepon, atau aplikasi apa yang Anda ingin tampilkan agar dikunjungi oleh pelanggan. Di layar berikutnya, Anda akan menamai kampanye Anda. Anda juga dapat memilih apakah Anda juga ingin mengaktifkan iklan bergambar.

Selanjutnya, tambahkan penargetan lokasi Anda. Ini akan menunjukkan bahwa Anda hanya menambahkan kepada orang-orang di lokasi tertentu, atau kepada semua orang, namun dengan lokasi tertentu. Anda dapat memilih negara, negara bagian, kota, dan kode pos. Segera setelah ini, tetapkan bahasa mana iklan Anda ditulis.

Di bagian selanjutnya, Anda dapat memilih strategi penawaran Anda. Manual CPC merupakan satu-satunya opsi yang memberi Anda kontrol penuh, meskipun strategi penawaran cerdas Google lainnya bisa baik untuk pemula. Lalu tetapkan anggaran harian Anda, metode pengiriman dan tanggal mulai dan akhir untuk kampanye Anda. Metode penayangan Anda menentukan bagaimana pembelanjaan iklan Anda didistribusikan. Jika Anda memilih “Standard”, pembelanjaan iklan Anda akan dikirimkan secara merata sepanjang hari. Jika Anda memilih “Accelerated”, budget mu mungkin akan cepat habis.

Apa itu Google Ads?, Bukankah Google Ads Mahal?.

Betul. Google Ads bisa menjadi sedikit mahal, terutama jika Anda berada dalam industri yang sangat kompetitif. Dikatakan demikian, karena kampanye Google Ads yang dirancang dengan baik dan dioptimalkan sangat bernilai investasi. Kuncinya di sini adalah menyusun kampanye Google Adwords yang dirancang dengan baik dan dioptimalkan. Jika kampanye Anda ditargetkan dengan baik, serta dioptimalkan dengan benar dan memiliki tawaran CPC yang sesuai, Anda akan dapat menampilkan iklan terfokus yang responsif dalam audiens target Anda, dan Anda hampir dijamin mendapatkan ROI yang positif. Jika kampanye tidak dioptimalkan atau ditargetkan dengan tepat, Anda dapat menghabiskan banyak dana pada klik yang tidak pernah berkonversi.

Di sinilah sebagian besar bisnis menjadi salah, kebanyakan tidak meluangkan waktu untuk membuat kampanye yang secara khusus menargetkan dan menarik orang yang tepat. Apa yang sebenarnya Anda habiskan akan bergantung pada banyak faktor dalam sistem penawaran, termasuk kata kunci spesifik yang Anda pilih dan apa yang sebenarnya Anda tawarkan.

Google Ads dapat menjadi investasi besar, baik dalam waktu dan uang. Jaringan pencarian dapat memastikan peringkat iklan Anda dengan baik dalam pencarian pengguna yang mencari merek seperti milik Anda, dan jaringan tampilan dapat digunakan untuk kampanye keterlibatan kembali atau penemuan. Meskipun sistemnya terlihat rumit, ada banyak hal yang dapat diperoleh dari menggunakannya, dan sangat mungkin untuk menjalankan kampanye yang menguntungkan dengan CPC yang rendah bahkan pada anggaran pemasaran terkecil.

Call Now Button