Alasan Website Gagal Menarik Perhatian Pengunjung

Membuat website untuk sebuah bisnis bukan lagi hal eksklusif yang hanya dapat dimiliki beberapa pelaku usaha. Sekarang, memiliki website bagi sebuah bisnis adalah keharusan untuk berinvestasi dalam meningkatkan penjualan dan popularitas bisnis. Namun, sayangnya tidak semua pelaku bisnis mampu mengembangkan websitenya, sehingga laman yang dibuat justru gagal menarik perhatian pengunjung. Jadi, ingin tahu apa saja alasan website gagal menarik perhatian pengunjung dan calon pelanggan? Simak selengkapnya di artikel berikut!

Website Sulit Diakses Lewat Ponsel

Sudah bukan rahasia lagi jika penggunaan ponsel, terutama smartphone, telah melampaui penggunaan tablet dan desktop dalam mengakses internet. Dengan revolusi mobile yang menyebabkan penggunaan ponsel terus berkembang di seluruh dunia, tren online di mana saja dan kapan saja menggunakan ponsel semakin berkembang.

Jadi, membuat website dengan konten berat yang tidak mobile-friendly merupakan sebuah kesalahan besar dan dapat menjadi alasan website gagal menarik pengunjung. Dengan jumlah pengakses internet ponsel lebih banyak, akan sulit meningkatkan traffic website yang sulit atau bahkan tidak bisa diakses dari ponsel.

Selain itu, hal ini dapat menurunkan dan memperburuk predikat website Anda di mata Google, sebab sebuah website yang berat dan tidak mobile-friendly umumnya mengurangi intensitas konversi dan dapat memberikan user pengalaman buruk.

Jadi, untuk memastikan bahwa website Anda ramah dibuka melalui gadget apapun, pastikan bahwa desain website Anda ringan dan responsif. Usahakan untuk menciptakan tata letak yang sederhana. Untuk memastikannya Anda dapat melakukan uji sederhana menggunakan alat semacam Google Search Console Mobile Friendly Test.

Tidak Memiliki Konten atau Konten Sudah Basi dan Jarang Update

Bagian terpenting dari sebuah website adalah konten. Tanpa konten, website akan kosong dan tidak berarti apa-apa. Jadi, wajib bagi pelaku bisnis untuk membuat konten jika memiliki website.

Namun, tidak hanya sekali atau dua kali saja sebuah website perlu diisi konten. Perlu ketekunan dan kerutinan dalam mengisi website dengan konten. Sebab, konten yang sudah basi dan website yang jarang update juga akan sama saja tidak berguna nantinya.

Sebuah website yang jarang, atau bahkan hanya sekali dua kali di-update akan dianggap sebagai website yang kurang terpercaya dan tidak diurus. Pengunjung akan ragu menganggap bisnis Anda masih berjalan jika website yang dipakai tidak turut menunjukkan adanya kehidupan.

Selain itu, website dengan konten yang jarang atau sedikit juga membuatnya memiliki peringkat rendah dalam laman pencarian Google. Akan sulit bagi calon pengunjung menemukan Anda melalui laman pencarian Google. Sebab, konten di dalam website dapat dimanfaatkan sebagai peningkatan peringkat SEO dan menarik kunjungan organik dari calon pelanggan.

Desain dan Tata Letak yang Menjengkelkan, Berantakan, dan Ketinggalan Zaman

Website yang memiliki desain dan tata letak yang menjengkelkan, berantakan, dan ketinggalan zaman kurang dipercayai kredibilitasnya. Biasanya, website yang memiliki pengaturan musik atau video otomatis, penuh dengan iklan banner yang berantakan, memiliki desain warna teks mencolok dapat dikategorikan sebagai website dengan desain dan tata letak yang menjengkelkan serta berantakan.

Hal-hal menjengkelkan tadi dapat menyebabkan calon pengunjung segera keluar dari website Anda. Bisa jadi malah mereka tidak mau lagi membuka dan mengunjungi website Anda karena pusing dengan desain dan tata letak yang dipasang. Jadi, hindarilah penyebab dan alasan website gagal yang satu ini, ya.

Tidak Memiliki Call to Action yang Jelas

Hanya membuat konten tanpa memasukkan call to action yang jelas akan membuat pengunjung bingung dengan apa yang bisnis Anda tawarkan. Jadi, sebaiknya berikanlah instruksi yang jelas dalam bentuk kalimat, link, atau tombol ajakan untuk melakukan tindakan terhadap bisnis Anda.

Anda dapat memasukkan nomor telepon, alamat email, atau Dropbox yang memiliki tombol daftar gratis pada bisnis Anda. Dengan begitu website Anda dapat meningkatkan konversinya dan hal ini akan berdampak baik pada pertumbuhan website bisnis Anda.

Jadi, Anda sudah tahu, kan, apa saja yang menjadi alasan website gagal menarik pengunjung? Jika sudah tahu, segera hindari hal-hal tersebut dan lakukan yang seharusnya dilakukan. Jangan sampai website yang telah Anda bayar malah menjadi investasi sia-sia yang berakhir tidak berguna.

Akan tetapi, jika Anda ragu mengembangkan website sendiri karena takut gagal, ada lho agensi yang dapat membantu dan memenuhi kebutuhan website Anda. Tomato Digital Indonesia merupakan agensi digital marketing yang dapat membantu menyediakan jasa desain website, jasa SEO terbaik di Jakarta, dan jasa SEM google ads yang dapat membantu website Anda terhindar dari kata gagal. Jadi, tunggu apa lagi? Mari segera terapkan atau hubungi kami!

Call Now Button